10 Kawasan Wisata Gratis di Jakarta, Taman hingga Pantai


Jakarta, Indonesia —

Ingin berkeliling Jakarta tapi bujet tipis? Tak perlu khawatir, ada beberapa kawasan wisata gratis di Jakarta, mulai dari taman hingga pantai.

Sebagian besar kawasan wisata di Jakarta ini dilengkapi akses transportasi umum yang mudah dijangkau seperti commuter line, MRT dan Transjakarta.

Kawasan Wisata Gratis di Jakarta

Berencana menghabiskan akhir pekan di Ibu Kota tapi dengan tetap hemat? Berikut rekomendasi tempat wisata gratis yang bisa Anda kunjungi.

1. Kali Besar Kota Tua




Jakarta, Indonesia - July 10, 2019: Riverbanks of Krukut River along Jl. Kali Besar Timur and Jl. Kali Besar Barat in Old City area turned into a public park.Suasana di Kali Besar, salah satu kawasan wisata gratis di Jakarta. (iStockphoto/JokoHarismoyo)

Kali Besar di kawasan Kota Tua, Jakarta baru direvitalisasi, sehingga terlihat lebih tertata dan terasa serasi berdampingan dengan bangunan kolonial di sekitarnya.

Pengunjung bisa bebas menikmati suasana Kali Besar secara gratis sambil hunting foto atau bermain skateboard. Aksesnya juga tidak jauh dari Halte Transjakarta Kali Besar Barat.

2. Kawasan Kota Tua




Pengunjung kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat melonjak dari hari pertama cuti bersama pada akhir pekan ini. Penerapan protokol kesehatan pandemi Covid 3M dan sterilisasi halaman tengah museum Fatahilah. Minggu (1/11/2020).  Indonesia/Andry NovelinoSuasana di kawasan Kota Tua Jakarta, salah satu kawasan wisata gratis di Jakarta. ( Indonesia/Andry Novelino)

Tidak jauh dari Kali Besar, Anda bisa sekaligus mampir ke Kota Tua. Apabila ingin singgah ke dalam museum juga dipersilahkan karena tiketnya sangat terjangkau.

Jalan-jalan menyusuri deretan bangunan bersejarah di kota tua sudah banyak dikenal wisatawan sebagai rekreasi gratis Jakarta dan mudah dijangkau dengan berbagai pilihan moda transportasi umum.

3. Kawasan Monas




Revitalisasi Monumen Nasional (Monas) yang sebelumnya sempat berpolemik, kini mulai terliat hasilnya. Seperti diketahui, sebelumnya proyek revitalisasi Monas menuai sorotan akibat penebangan 191 pohon, terlibat miskonsepsi dengan pemerintah pusat utamanya Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), dan dianggap janggal karena dikerjakan kontraktor bermasalah.  Indonesia/ Adhi WicaksonoSuasana di Monas, salah satu kawasan wisata gratis di Jakarta. ( Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Kawasan Monumen Nasional (Monas) cukup luas dan cocok dijadikan tempat wisata sambil jalan-jalan santai.

Dari area luar saja, pengunjung dapat langsung melihat megahnya Tugu Monas secara gratis. Anda dapat memanfaatkan Transjakarta untuk bisa sampai ke kawasan Monas.

4. City Tour Bus




Piknik Bus WisataCity tour bus, salah satu alternatif wisata gratis di Jakarta. ( Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)

Alternatif lain bagi Anda yang ingin menikmati wisata gratis di Jakarta adalah dapat mencoba menaiki City Tour Bus dengan fasilitas bus tingkat.

Pengunjung bisa menunggu antrean City Tour Bus di halte depan Masjid Istiqlal atau seberang stasiun Juanda.

5. Perpustakaan Nasional

Wisata edukasi di Jakarta juga tak sulit didapatkan. Anda bisa datang ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Jakarta Pusat dan mendaftar keanggotaan secara gratis untuk menikmati aneka buku bacaan.

Fasilitas yang ada di Perpusnas sangat bagus dan lengkap, bahkan terdapat coffee shop untuk Anda bersantai sambil membaca.

6. Hutan Kota GBK




Aktivitas pengunjung di Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, 16 Oktober 2021. Hutan Kota GBK yang sempat tutup imbas PPKM telah dibuka kembali. ( Indonesia/ Adhi Wicaksono)Suasana Hutan Kota GBK, salah satu kawasan wisata gratis di Jakarta. ( Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Hutan Kota yang ada di dalam kompleks Gelora Bung Karno menjadi salah satu wisata gratis di Jakarta yang sedang populer.

Di tempat ini, pengunjung bisa piknik sambil bersantai menikmati lanskap gedung bertingkat di sekitar. Namun, pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir.

7. Tribeca Park

Selain di GBK, ada Tribeca Park yang berlokasi di dekat pusat perbelanjaan ternama kawasan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Suasana taman di sini cukup modern, sejuk, gratis, serta cocok untuk tempat rekreasi santai bersama keluarga atau hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

8. Taman Kalijodo




Namun yang paling kentara adalah hancurnya rumput di sepanjang Taman Kalijodo ini. Melangkah dari ujung ke ujung taman, hampir bisa dipastikan semua rumput rusak.  Indonesia/Andry NovelinoSuasana Taman Kalijodo, salah satu kawasan wisata gratis di Jakarta. ( Indonesia/Andry Novelino)

Masih dari taman rekreasi, berikutnya ada Taman Kalijodo yang bebas dikunjungi dan masih satu kawasan di area Jakarta Barat.

Wajah baru Kalijodo memiliki fasilitas skatepark terbesar di Jakarta sekaligus taman yang ramah untuk tempat bermain anak-anak.

9. Pantai Pasir Putih PIK

Ingin menikmati wisata pantai gratis? Silakan mampir ke Pantai Pasir Putih kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Selain menikmati hamparan pasir putih di pinggir pantai, pengunjung dapat memanfaatkan jogging track yang tersedia untuk berolahraga.

10. Pasar Barang Antik

Wisata gratis di Jakarta selanjutnya cocok bagi para penggemar barang-barang antik sambil hunting foto atau berbelanja.

Lokasinya berada di Jalan Surabaya, Jakarta Pusat. Selain deretan toko antik, ada banyak kedai makanan di sekitar untuk menikmati wisata kuliner.

Di tengah pandemi Covid-19, perjalanan wisata masih dikategorikan sebagai perjalanan bukan darurat, sehingga sebaiknya tidak dilakukan demi mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, terutama di daerah yang masih minim fasilitas kesehatannya.

Jika hendak melakukan perjalanan antarkota atau antarnegara, jangan lupa menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dengan mengenakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak fisik antarpengunjung. Jangan datang saat sakit dan pulang dalam keadaan sakit.

(avd/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *