100 Tahun Partai Komunis: Bagaimana Partai Memerintah China?


Jakarta, Indonesia —

Sejak 1 Oktober 1949, China dikuasai oleh satu partai, Partai Komunis China yang telah berdiri selama 100 tahun.

Partai Komunis China atau PKC telah menjadi partai berkuasa dan memimpin Negeri Tirai Bambu sejak rezim Mao Zedong hingga kini menjadi salah satu negeri adidaya menyaingi Amerika Serikat.

Menurut Australia Financial Review, PKC kini telah menjadi organisasi paling berpengaruh dan tertutup di planet ini dengan sekitar 95 juta anggota yang tak pernah benar-benar diungkap identitasnya kecuali para petingginya.

Sekitar 7 persen populasi China merupakan anggota PKC mulai dari pemuda, politikus, pengusaha, hingga seniman dan selebritas.

Pengusaha sekaligus pendiri raksasa Alibaba Group Jack Ma, pendiri perusahaan telekomunikasi Huawei Ren Zhengfei, hingga aktris Fan Bingbing disebut anggota PKC.

PKC memegang kendali atas keseluruhan China, mulai dari pemerintahan, ekonomi, sosial, hingga militer. Kepemimpinan PKC di China bahkan diabadikan dalam konstitusi negara.

Meski di China ada sejumlah partai lain, tetapi mereka berkewajiban mendukung PKC.

PKC memiliki struktur layaknya piramida, di mana politbiro menjadi lembaga tertinggi partai dan satu pemimpin paling berkuasa.

Ketua partai PKC juga menjabat sebagai pemimpin China. Pucuk kekuasaan PKC yang disebut Sekretaris Jenderal pun saat ini masih dipegang Presiden Xi Jinping sejak 2012 lalu.

Dalam rapat Komite Pusat pada Oktober lalu, PKC bahkan menyepakati resolusi ketiga yang diduga memperkuat cengkraman Xi di puncak kekuasaan. Resolusi itu pun berpotensi memberikan Xi peluang memimpin China seumur hidup seperti para pendahulunya.

Organisasi-organisasi partai memilih badan-badan yang lebih tinggi sampai ke pucuk kepemimpinan mulai dari tingkat lokal. Kongres Partai Nasional memilih komite pusat dan komite pusat memilih Politbiro.




Chinese President Xi Jinping (on screen) delivers a speech during the celebrations of the 100th anniversary of the founding of the Communist Party of China at Tiananmen Square in Beijing on July 1, 2021. (Photo by WANG Zhao / AFP)Foto: AFP/Wang Zhao
Presiden Xi Jinping menyampaikan pidato secara virtual dalam perayaan 100 tahun PKC. (Photo by WANG Zhao / AFP)

Di bawah Politbiro ada tiga lembaga PKC yang juga penting:

  • Dewan Negara (State Council)
  •  Komisi Pusat Militer
  • Kongres Rakyat Nasional

Dewan Negara dipimpin oleh perdana menteri. Saat ini, dewan tersebut dipimpin Perdana Menteri Li Keqiang, orang nomor dua setelah presiden.

Peran Dewan Negara adalah implementasi kebijakan partai di seluruh negeri. Sebagai contoh, mengelola rencana ekonomi nasional dan anggaran negara.

PKC juga memiliki parlemen yang dinamakan Kongres Rakyat Nasional. Namun, lembaga itu hanya formalitas karena selalu mengesahkan apa pun keputusan yang diambil pemimpin partai.

Sementara itu, Komisi Militer Pusat memimpin angkatan bersenjata China dan merencanakan segala operasi militer Negeri Tirai Bambu.

Komisi ini pun memegang kendali atas persenjataan nuklir dan lebih dari 2 juta personel, militer terbesar di dunia.

Jatuh bangung Partai Komunis China bisa dibaca di halaman berikutnya >>>


Jatuh Bangun Partai Komunis China


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *