12 Penyebab Pria Tidak Subur, Merokok hingga Obesitas


Jakarta, Indonesia —

Masalah ketidaksuburan atau infertilitas pada pria dipengaruhi oleh beragam faktor, beberapa di antaranya mungkin tidak disadari.

Penyebab pria tidak subur bisa karena paparan bahan kimia hingga gaya hidup.

Infertilitas dapat terjadi ketika pria tidak bisa menghasilkan sperma dalam jumlah yang cukup, berkualitas baik, bahkan tidak menghasilkan sperma sama sekali.

Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kebiasaan atau gaya hidup tak sehat, gangguan hormon, masalah fisik, pengaruh psikologis, dan banyak lagi.

Penyebab Pria Tidak Subur




man wearing shorts holding genitals. Men's health, venereologist, sexual diseaseFaktor penyebab pria tidak subur. (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Staras)

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah penyebab pria tidak subur.

1. Merokok

Pria yang merokok kemungkinan besar memiliki jumlah sperma yang lebih rendah daripada mereka yang tidak merokok. Selain itu, merokok dapat memengaruhi bentuk hingga menurunkan daya gerak sperma.

2. Usia

Tingkat kesuburan pria dengan usia di atas 40 tahun lebih rendah dibandingkan dengan lelaki muda.

Sementara itu, kesuburan wanita secara bertahap menurun seiring usianya bertambah, terutama pada pertengahan 30 tahun, lalu turun dengan cepat setelah usia 37 tahun.

Masalah kemandulan pada wanita yang lebih tua kemungkinan karena jumlah dan kualitas sel telur lebih rendah atau masalah kesehatan yang mempengaruhi kesuburan.

2. Kelebihan berat badan

Pola makan tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan kaya lemak, akan memengaruhi produksi hormon testosteron. Dampaknya, produksi sperma akan menurun drastis.

Orang dengan obesitas atau kelebihan berat badan disarankan untuk menjalani pola hidup sehat dengan olahraga teratur dan mengonsumsi makanan kaya serat.

4. Infeksi menular seksual

Mengutip NHS, beberapa infeksi menular seksual, termasuk klamidia dapat memengaruhi kesuburan.

Penyakit klamidia berasal dari bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri tersebut bisa bertahan di air mani dan cairan praejakulasi.

Tidak ada gejala dari infeksi ini. Adapun penyebarannya sangat cepat, baik karena seks melalui vagina, oral, maupun anal.

Penyebab menyebarnya penyakit ini karena tidak menggunakan pengaman saat melakukan aktivitas seksual dengan orang yang mengidapnya.

5. Minuman beralkohol




Ilustrasi Minuman Alkohol BeerSalah satu penyebab pria tidak subur adalah kebiasaan mengonsumsi alkohol (Foto: Republica/Pixabay)

Kadar testosteron yang memproduksi sperma ini akan bermasalah jika Anda sering mengonsumsi minuman beralkohol. Dampak lainnya, Anda akan mengalami disfungsi ereksi dan penurunan jumlah sperma.

Penyakit hati karena terlalu banyak mengonsumsi minuman ini pun akan menyebabkan masalah kesuburan.

Sementara itu, hingga kini tidak ada bukti yang menunjukkan minuman berkafein, seperti teh dan kopi memengaruhi masalah kesuburan.

6. Stres

Stres akan memengaruhi hubungan Anda dengan pasangan. Hal ini berujung pada hilangnya dorongan seksual. Dalam kasus yang lebih parah, stres dapat memengaruhi ovulasi dan produksi sperma.

Penyebab pria tidak subur lanjut di halaman dua…

Penyebab Pria Tidak Subur


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *