2 Gol Bunuh Diri, Jepang 1-1 Australia




Jakarta, Indonesia

Jepang ditahan Australia 1-1 dalam matchday keempat babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Saitama, Selasa (15/15).

Tendangan kaki kiri Takefusa Kubo usai menerima operan Ao Tanaka pada menit keenam menyamping di sisi kiri gawang Australia.

Australia beberapa kali mencoba membongkar pertahanan Jepang, namun tidak berhasil. Jepang mendominasi penguasaan bola.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada menit ke-15, Ritsu Doan membuang peluang gol Jepang. Peluang itu muncul dari sepak pojok Kubo, tetapi Doan yang dituju terlihat ragu-ragu antara mengoper atau menembak langsung.

Sektor kiri pertahanan Australia paling sering dieksploitasi Jepang, khususnya melalui Kubo. Jepang nyaris mencetak gol untuk unggul 1-0 pada menit ke-34 jika tendangan kaki kanan Kaoru Mitoma dari sisi kiri tidak membentur nomor 8.

Sampai dengan pertandingan berjalan 35 menit, penguasaan bola Samurai Biru mencapai 70 persen. Pertahanan solid Australia di babak pertama membuat Jepang kesulitan mencetak gol. Laga imbang 0-0 pada babak pertama.

Kerja sama Kubo dan Takumi Minamino pada menit ke-57 kembali memberikan ancaman kepada Australia. Dari sisi kanan Kubo melepaskan umpan silang, tetapi sundulan Minamino masih menyamping di sisi kanan gawang lawan.

Alih-alih unggul lebih dulu, Jepang tertinggal 0-1 dari Australia pada menit ke-58 lewat gol bunuh diri Shogo Taniguchi.

The Socceroos memanfaatkan dengan baik kelengahan di pertahanan Jepang. Dari sisi kanan Lewis Miller melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Taniguchi berupaya membuang bola. Akan tetapi sontekan kaki kanan Taniguchi membuat bola masuk ke gawang Zion Suzuki.

Unggul 1-0 membuat Australia tampil lebih percaya diri dan berani memainkan bola-bola pendek. Tanaka melepaskan tendangan spekulasi pada menit ke-71. Tetapi tendangan kaki kanan Tanaka dari luar kotak penalti bisa ditangkap kiper Joe Gauci.

Penantian panjang Jepang mencetak gol membuahkan hasil pada menit ke-76. Kali ini gol Jepang tercipta lewat bunuh diri Cameron Burgess.

Gol Jepang itu bermula dari akselerasi apik pemain pengganti Keito Nakamura di sisi kiri. Nakamura kemudian melepaskan umpan ke depan gawang. Burgess yang coba menghalau bola membuat bola masuk ke gawang Gauci.

Nakamura menjadi andalan baru Jepang pada babak kedua dalam membongkar pertahanan Australia. Akan tetapi tidak ada tambahan gol tercipta hingga laga usai. Jepang ditahan Australia 1-1 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Susunan Pemain Jepang vs Australia:

Jepang: Zion Suzuki; Koki Machida, Shogo Taniguchi, Ko Itakura; Kaoru Mitoma, Hidemasa Morita, Ao Tanaka, Ritsu Doan; Takefusa Kubo, Takumi Minamino; Ayase Ueda.

Australia: Joe Gauci; Cameron Burgess, Harry Souttar, Jason Geria; Jordan Bos, Jackson Irvine, Luke Brattan, Lewis Miller; Ajdin Hrustic, Mitch Duke, Riley McGree.

(sry/rhr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *