3 Ciri Skincare Overclaim, Jangan Tergiur Iklan Lebay


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Ciri skincare overclaim saat ini mulai banyak dicari orang. Hal ini dimulai karena akhir-akhir ini di media sosial ramai membahas soal produk skincare yang dinilai terlalu overclaim, atau melebih-lebihkan khasiat produk mereka.

Mulai dari disebut mengandung niacinamide yang tinggi, SPF 50, hingga retinol yang bisa melawan berbagai masalah kulit. Promosinya pun berlebihan, bahkan ada yang mengklaim bisa membuat kulit cerah hanya dalam beberapa hari.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Skincare overclaim ini tentunya membuat masyarakat rugi. Karena tidak sedikit harga dari produk tersebut cukup mahal, tapi hasilnya justru tidak memuaskan.

Terkait hal ini, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mohamad Kashuri mengingatkan agar masyarakat tidak mudah tergiur.

“Jangan tergiur kaitannya dengan iklan atau promosi yang tidak rasional,” katanya seperti diberitakan detikHealth pada Jumat (25/10).




ilustrasi skincareAda sejumlah ciri-ciri skincare overclaim menurut Badan Pengawan Obat dan Makanan (BPOM). (iStockphoto/yacobchuk)

Dia kemudian membeberkan ciri-ciri skincare overclaim berikut ini:

1. Promosi berlebihan

Menurut dia, ciri utama dari skincare yang melebih-lebihkan khasiatnya adalah promosi yang kadang tidak masuk akal. Misalnya menyebut pengguna bisa putih hanya dalam waktu 1-2 hari jika menggunakan produk tersebut.

2. Izin edar tak jelas

Skincare overclaim juga terkadang masuk dalam kategori skincare abal-abal. Izin edar mereka tidak jelas bahkan dijual di toko-toko tidak resmi atau secara online saja.

3. Bikin masalah kulit

Skincare overclaim juga biasanya malah memicu masalah kulit, mulai dari ruam, jerawat dan berbagai masalah lainnya. Pastikan membeli skincare yang aman dan tidak mudah tergiur dengan pemasaran yang berlebihan.

(tst/end)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *