33 Kepala Negara Bakal Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran




Jakarta, Indonesia

Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyebut, sebanyak 33 kepala negara akan menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Pelantikan itu akan digelar di Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Tamu negara yang hari ini menyatakan confirm, kepala negara dan setingkat kepala negara yang sudah dinyatakan hadir kurang lebih sekitar 33 negara ASEAN, negara sahabat, dan negara-negara mitra ASEAN,” kata Muzani usai gladi bersih di Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Sabtu (19/10).

Menurutnya, jumlah tamu negara yang akan hadir kali ini terbilang banyak. Jumlah itu menjadi kebanggaan dan penghormatan bagi bangsa dan pemerintah Indonesia.

“Tentu saja ini sebuah jumlah yang sangat besar, membanggakan, dan ini sebuah penghormatan yang amat besar bagi kita sebagai bangsa,” ujarnya.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming akan menjalani prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Selain petinggi negara lain, beberapa presiden dan eks wapres Indonesia juga dikabarkan akan hadir seperti Susilo Bambang Yudhoyono, Try Sutrisno, Budiono, dan masih banyak lagi.

Sejumlah politisi lainnya seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo juga dipastikan akan hadir di Kompleks Parlemen besok.

Namun, Preside ke-5 RI Megawati Soekarnoputri disebut tak bakal hadir lantaran alasan kesehatan. Sebagai gantinya, Megawati memerintahkan seluruh anggota PDIP untuk hadir di acara pelantikan.

Usai menjalani prosesi pelantikan, Prabowo dan Gibran dijadwalkan bakal berangkat ke Istana Negara untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden Joko Widodo.

(can/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *