4 Hubungan yang Tanpa Disadari Bisa Jadi Toxic, Racun bagi Kehidupan



Jakarta, Indonesia —

Istilah toxic atau toksik yang berarti racun makin sering terdengar. Seperti namanya, istilah ini kerap dilekatkan pada setiap hal yang menjadi racun atau membawa pengaruh buruk pada kehidupan dan mengganggu kesehatan fisik dan mental. Terdapat sejumlah hubungan yang tanpa disadari bisa berkembang menjadi toksik.

Psikologi dari Universitas Indonesia Rose Mini Agoes Salim menyebut dalam psikologi, istilah toksik sebenarnya belum benar-benar ada. Istilah ini muncul karena orang awam menyebut sesuatu yang tidak menyenangkan atau mengganggu sebagai toksik.

“Artinya kan racun, jadi lebih kepada hal-hal yang beracun dalam hubungan, dalam kehidupan makanya jadi muncullah istilah toksik,” kata psikolog yang juga sering disapa Bunda Romi ini, saat dihubungi Indonesia.com, Kamis (9/12).

Bunda Romi menyebut toksik adalah istilah populer dari gangguan psikologis Codependent Relationship. Ini adalah sebuah gangguan psikologis dalam hubungan baik antara individu atau kelompok.

Menurut Bunda Romi, semua hal bisa menjadi toksik, tergantung pada seberapa besar hal tersebut memengaruhi kehidupan Anda. Ketika sesuatu menjadi toksik, biasanya diri Anda akan merasa tersiksa dan terkekang sehingga sulit untuk keluar dari hubungan atau masalah.

“(Misalnya) tidak bisa mengambil keputusan, terlalu diatur, punya kehendak dan keinginan tapi tidak punya kekuatan untuk menyampaikannya. Saat ini terjadi, berarti sudah masuk ke dalam ranah toksik,” kata dia.

Toksik bisa terjadi karena salah satu pihak merasa mendominasi dan satu pihak lainnya tak memiliki kuasa atas dirinya. Ini terjadi karena kurangnya rasa percaya diri atau perasaan rendah diri yang berlebihan.

Kata Romi, semua hubungan bisa masuk dalam kategori toksik. Bahkan, hubungan keluarga dan orang tua pun bisa menjadi hubungan yang tidak sehat jika ada pihak yang mendominasi atau mengekang.

Simak hubungan yang tanpa disadari bisa jadi toxic di halaman berikut.

4 Hubungan yang Tanpa Disadari Bisa Jadi Toxic, Racun bagi Kehidupan


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *