4 Pelajaran Berharga Indonesia saat Dikalahkan Vietnam


Jakarta, Indonesia —

Timnas Indonesia bisa menjadikan kekalahan telak 0-4 dari Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Juni lalu, sebagai pelajaran berharga jelang Indonesia vs Vietnam pada Piala AFF 2020 (2021) malam ini, Rabu (15/12).

Indonesia menjadi bulan-bulanan Vietnam saat bertemu pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, 7 Juni lalu. Sempat bertahan tanpa gol di babak pertama, Indonesia dibobol empat kali oleh Vietnam lewat gol dari Vu Van Thanh, Nguyen Quang Hai, Nguyen Tien Linh, dan Nguyen Cong Phuong.

Berkaca dari pertandingan enam bulan lalu, Vietnam benar-benar memberi pelajaran berharga bagi Indonesia. Menariknya Vietnam tidak menggunakan skema yang sama atau monoton untuk bisa mencetak gol ke gawang Indonesia.

Berikut empat cara berbeda Vietnam saat membobol gawang Indonesia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang bisa jadi pelajaran berharga di Piala AFF malam ini:

1. Umpan Terobosan

Setelah sempat kesulitan mencetak gol di babak pertama, Vietnam sukses mencetak gol lewat Nguyen Tien Linh pada menit ke-51. Kecerdikan Tien Linh yang berlari di antara dua pemain belakang Indonesia berhasil memanfaatkan umpan terobosan yang cantik.

Jika Indonesia memutuskan untuk menerapkan lini pertahanan yang tinggi saat melawan Vietnam malam ini, duet pertahanan Garuda harus benar-benar melakukan penjagaan ketat penyerang Vietnam yang diturunkan. Penyerang-penyerang Vietnam memiliki kecepatan yang bagus.




Timnas Indonesia vs Kamboja Piala AFFTimnas Indonesia wajib fokus 90 menit melawan Vietnam. (dok. PSSI)

2. Tendangan dari Luar Kotak Penalti

Indonesia berpeluang besar lebih banyak bertahan saat melawan Vietnam di Piala AFF. Kondisi itu membuat Vietnam bisa mengandalkan tendangan dari luar kotak penalti untuk mencetak gol.

Hal itu yang dilakukan Nguyen Quang Hai saat mencetak gol kedua ke gawang Indonesia pada pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

3. Bola Mati

Bola-bola mati juga bisa jadi senjata Vietnam untuk membobol gawang Indonesia. Gol ketiga Vietnam yang dicetak Nguyen Cong Phuong tercipta melalui kemelut di depan gawang Indonesia usai sepak pojok.

4. Aksi Individu

Lini serang Vietnam punya kemampuan individu yang merata. Vu Van Thanh menunjukkan hal itu saat mencetak gol keempat ke gawang Indonesia pada laga 7 Juni lalu.

Pada saat mengalahkan Malaysia 3-0 di Piala AFF 2020, dua gol Vietnam juga tercipta berkat ketenangan Nguyen Cong Phuong dan Nguyen Hoang Duc di depan penalti lawan.

[Gambas:Video ]

(har/nva)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *