4 Timnas Lolos Piala Asia, Erick Thohir Sebut Indonesia Naik Kelas




Jakarta, Indonesia

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut Indonesia naik kelas karena empat kategori tim nasional lolos ke Piala Asia.

Dalam waktu berdekatan, empat kelompok Timnas Indonesia melaju ke panggung Asia. Timnas Indonesia senior lolos ke Piala Asia 2023, Timnas Indonesia U-23 tampil di Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-20 berlaga di Piala Asia U-20 2025, dan Timnas Indonesia U-17 mentas di Piala Asia U-17 2025.

“Timnas U-17, Timnas U-20, Timnas U-23, dan senior lolos Piala Asia. Empat-empatnya lolos. Saya rasa ini prestasi yang luar biasa. Artinya kita sudah mulai naik kelas, tapi mempertahankan naik kelas itu tidak mudah,” kata Erick di Jakarta, Senin (28/10).

Setelah mendengar kabar Timnas Indonesia U-17 resmi lolos Piala Asia U-17 2025, Erick langsung meminta pelatih Nova Arianto untuk melakukan persiapan maksimal. Ini karena Piala Asia U-17 2025 adalah tahap kualifikasi ke Piala Dunia U-17 2025.

“Kuota untuk lolos Piala Dunia U-17 2025 itu hanya delapan, plus tuan rumah Qatar. Saya sudah perintahkan coach Nova untuk mempersiapkan dengan baik karena kejuaraannya sudah dekat, tahun depan bulan April,” ujarnya.

Lebih lanjut, Erick juga ingin Timnas Indonesia fokus pada agenda terdekat. Dalam tiga pekan mendatang, skuad Garuda akan menjalani dua laga penting kontra Jepang pada 15 November dan Arab Saudi pada 19 November.

“Kita lihat lagi dua laga kandang lawan Jepang dan Arab Saudi yang rankingnya jauh di atas kita. Kembali lagi, kalau kita dapat poin di dua game ini bisa jadi tabungan untuk masuk ranking ketiga, atau keempat supaya bisa kualifikasi lagi [di putaran keempat],” ujarnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Timnas Indonesia sedang berada di peringkat kelima klasemen sementara Grup C. Skuad Garuda mengemas tiga poin dari empat pertandingan.

Hingga saat ini Timnas Indonesia belum meraih kemenangan. Dari empat laga di putaran ketiga, Thom Haye dan kawan-kawan mengemas tiga hasil imbang dan satu kali kalah.

(ikw/jal)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *