5 Alasan Hasrat Seks Mendadak Tinggi



Jakarta, Indonesia —

Tak ada yang salah dengan hasrat seks atau libido tinggi. Sebagian melihat peningkatan libido sebagai hal yang memalukan. Padahal selama tidak mengganggu fungsi tubuh sehari-hari, libido tinggi bukan sesuatu yang mengkhawatirkan.

Akan tetapi kadang yang mengkhawatirkan adalah saat libido tiba-tiba meningkat.Biasanya Anda merasa satu kali orgasme sudah cukup. Kali ini, rasanya ingin lagi dan lagi. Ada apa?

1. Perubahan kadar hormon

Libido dipengaruhi hormon seks yakni estrogen, progesteron dan testosteron. Kadar ketiga hormon terus berubah dan bervariasi sepanjang hidup, juga bisa saja terjadi dalam satu hari.

Buat kaum Hawa, kadar estrogen meningkat sebelum dan selama ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium sehingga libido jadi tinggi. Sementara itu, kadar testosteron tinggi berhubungan dengan libido lebih tinggi. Kadar testosteron tinggi umum ditemukan pada pria muda dan atlet yang menggunakan steroid.

2. Pubertas atau penuaan

Mereka yang berusia muda bisa memiliki libido lebih tinggi daripada yang berusia dewasa tua. Remaja laki-laki mengalami peningkatan produksi testosteron 10 kali lipat. Ini menjelaskan peningkatan gairah atau minat seks pada periode perkembangan tersebut.

Sebaliknya, wanita paruh baya malah memiliki dorongan seks lebih tinggi daripada wanita muda. Studi pada 2010 menemukan wanita usia 27-45 tahun cenderung memikirkan aktivitas seksual, sering berfantasi seksual, kehidupan seks lebih aktif dan fantasi seksual lebih intens daripada wanita usia 18-26 tahun.

Alasan Libido Tinggi


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *