5 Calon Pengganti Mancini Usai Dipecat Arab Saudi



Jakarta, Indonesia

Roberto Mancini resmi didepak dari posisinya sebagai pelatih timnas Arab Saudi. Berikut lima calon pengganti Mancini di timnas Arab Saudi.

Pengumuman Roberto Mancini tidak lagi jadi juru taktik The Green Falcons disampaikan akun resmi X Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) pada Kamis (24/10) malam WIB.

“Dewan Direksi menyampaikan terima kasih kepada Roberto Mancini, mendoakan kesuksesan untuk kariernya,” demikian pernyataan resmi SAFF.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

SAFF dalam pernyataan lanjutannya menegaskan pelatih pengganti Mancini akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang. Karenanya, beberapa nama calon pengganti pelatih asal Italia itu sudah muncul ke permukaan.

Nama-nama pelatih kawakan dikabarkan masuk ke dalam barisan calon juru taktik anyar. Berikut lima calon pengganti Mancini di timnas Arab Saudi:

1. Herve Renard

Nama Herve Renard jadi salah satu kandidat terkuat pengganti Mancini. Pengalamannya melatih Arab Saudi selama empat tahun medio 2019 hingga 2023 jadi faktor pendukung.

Herve Renard dianggap sudah mengerti gaya bermain Arab Saudi sekaligus dekat dengan para pemain yang pernah dibinanya. Kekompakan tim yang dibangun turut membuat Arab Saudi cukup berbicara banyak di Piala Dunia 2022 bersama Renard.

Selain itu, saat ini Renard juga sudah tidak berstatus pelatih timnas wanita Prancis sejak Agustus lalu. Ini semakin memperkuat dirinya kembali ke Arab Saudi.

2. Jorge Jesus

Jorge Jesus masuk ke dalam calon pelatih timnas Arab Saudi. Pelatih asal Portugal itu punya portfolio menjanjikan di sepak bola Saudi.

Saat ini Jorge Jesus adalah pelatih Al Hilal sejak musim lalu. Ia kembali menangani tim yang sama setelah terakhir menahkodai Al Hilal pada 2018 hingga 2019.

Pengalaman juru taktik 70 tahun itu juga tak perlu diragukan karena sudah melatih selama 35 tahun sejak 1989. Ia pernah memimpin berbagai klub elite Liga Brasil, dan beberapa klub Eropa seperti Benfica, Sporting Lisbon, Braga, dan Fenerbahce.

Berlanjut ke halaman kedua >>>

3. Rui Vitoria

Pelatih kaya pengalaman yang turut masuk ke dalam bursa kandidat juru taktik timnas Arab Saudi adalah Rui Vitoria. Ia punya rekam jejak menangani Al Nassr.

Selain itu, pelatih asal Portugal itu juga sempat menahkodai Benfica pada 2015 hingga 2019. Tim elite Rusia Spartak Moscow juga pernah dilatih oleh pria 54 tahun itu.

Kini Vitoria masuk daftar calon pengganti Mancini setelah status kepelatihan di timnas Mesir sudah tidak aktif per Februari lalu. Ia dianggap cocok dengan karakter pemain Arab Saudi.

4. Hussein Ammouta

Pelatih asal Maroko Hussein Ammouta terselip ke dalam daftar calon pelatih Arab Saudi yang baru. Portfolio memimpin tim-tim Arab jadi salah satu alasannya.

Juru taktik 55 tahun itu pernah melatih klub elite Qatar seperti Al Sadd SC. Ia juga pernah melatih klub Liga Maroko, Wydad AC dan FAR Rabat.

Di level internasional ia pernah timnas Yordania dan Maroko. Kini ia berstatus klub Uni Emirat Arab, Al Jazira dengan kontrak yang berlaku hingga 2026.

5. Tite

Pelatih veteran asal Brasil, Tite, juga tercantum ke dalam daftar calon pelatih timnas Arab Saudi. Status tanpa tim jadi faktor kuat juru taktik 63 tahun itu.

Selain punya pengalaman berharga sebagai pelatih timnas Brasil selama enam tahun medio 2016 hingga 2022, Tite juga punya rekam jejak melatih klub di semenanjung Arab tepatnya Uni Emirat Arab.

Ia pernah melatih Al Ain selama satu tahun dan Al Wahda selama dua bulan. Meski pengalamannya hanya sebentar di sana, Tite disebut punya kemampuan di atas rata-rata untuk melatih Arab Saudi.

Media Argentina TyC Sports mengklaim agen Tite, Gilmar Veloz, sudah berada di Eropa dan akan melakukan negosiasi dengan pihak SAFF.

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *