5 Formasi di 4 Laga Timnas Indonesia


Jakarta, Indonesia —

Shin Tae Yong telah membuktikan sebagai peracik taktik yang jitu bersama Timnas Indonesia di fase grup Piala AFF 2020 (2021).

Timnas Indonesia melakoni empat pertandingan di babak penyisihan grup. Menariknya, tim Merah Putih bermain dengan lima formasi yang berbeda.

Shin Tae Yong memakai formasi 4-1-4-1 saat mengalahkan Kamboja 4-2 di laga perdana Grup B Piala AFF 2020. Dalam formasi ini, pelatih asal Korea Selatan itu menempatkan Rachmat Irianto sendirian sebagai gelandang bertahan dan Ezra Walian sebagai penyerang tunggal.

Di laga kedua, taktik yang berbeda dihamparkan Shin Tae Yong. Mantan pelatih timnas Korea Selatan itu bermain dengan formasi yang lebih ofensif yakni formasi 4-3-3 dengan memainkan trio lini depan; Kushedya Hari Yudo, Dedik Setiawan, dan Irfan Jaya.

Permainan ofensif itu mengantarkan Timnas Indonesia menang dengan skor meyakinkan 5-1 atas Laos.

Perubahan formasi yang drastis kemudian ditampilkan Shin Tae Yong saat bersua lawan terberat di Grup B, Vietnam. Formasi dengan mengandalkan empat pemain belakang ditinggalkan dan diganti dengan memainkan tiga pemain belakang.

Timnas Indonesia bermain dengan formasi awal 3-5-2. Formasi yang tergolong defensif itu terbukti ampuh menahan gempuran Vietnam dan memaksakan skor imbang tanpa gol hingga akhir pertandingan.

Di laga penentuan melawan Malaysia, kepintaran Shin Tae Yong dalam meracik strategi kembali diperlihatkan. Pelatih berusia 52 itu menampilkan dua formasi yang berbeda di tiap babak.




Banner Testimoni

Shin Tae Yong kembali memakai formasi 4-1-4-1 yang digunakan saat mengalahkan Kamboja. Meski sempat tertinggal lebih dulu, tim Merah Putih bisa membalikkan keadaan menjadi 2-1 di 45 menit pertama pertandingan.

Di babak kedua, Shin Tae Yong memasukkan Elkan Baggott menggantikan Rachmat Irianto. Formasi Timnas Indonesia pun ikut berubah menjadi 3-5-2.

Perubahan taktik ini terbukti menyulitkan Harimau Malaya. Skuad asuhan Tan Cheng Hoe makin sulit mengimbangi permainan Timnas Indonesia yang bisa menambah dua gol lagi untuk mengakhiri dengan skor 4-1.

Tiga poin yang diraih atas Malaysia membawa Timnas Indonesia lolos semifinal sebagai juara grup. Hasil itu juga jadi bukti kemenangan taktik Shin Tae Yong yang di luar dugaan mampu membawa Timnas Indonesia mengungguli Vietnam dan Malaysia.

[Gambas:Video ]

(jal/nva)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *