5 Hal yang Perlu Diketahui soal WSBK 2021


Jakarta, Indonesia —

Setelah absen 24 tahun World Superbike (WSBK) akhirnya kembali berlangsung di Indonesia. Berikut lima hal tentang perlu diketahui soal WSBK.

Seri pemungkas atau penutup WSBK 2021 akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), selama tiga hari, yakni pada Jumat (19/11) hingga Minggu (12/11).

Balapan ini akan menentukan gelar juara musim ini, yang diperebutkan Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea. Saat ini Toprak memimpin dengan 531 poin atau unggul 30 poin dari Rea di peringkat kedua.

Tak seperti MotoGP sebagai balapan paling elite dunia, WSBK punya gaya dan karakter tersendiri. Berikut ini adalah lima hal tentang WSBK 2021 yang perlu diketahui.

1. Batasan Usia

WSBK memiliki tiga kategori balapan. Ketiga balapan itu adalah superbike, supersport, dan supersport 300. Dari ketiga kategori ini Dorna selaku operator balapan menetapkan batasan usia pembalap.

Untuk kategori superbike, batasan usianya sama dengan MotoGP, yakni minimal 18 tahun. Adapun untuk Supersport batasan minimal usianya adalah 16, sedangkan untuk kelas terbawah Supersport 300 minimal 15 tahun.

Adapun batas maksimal usia pembalap WSBK adalah 50 tahun. Dalam WSBK 2021 di Mandalika, pembalap tertuanya adalah Leon Haslam (38 tahun) dari Honda Racing Team, disusul Tom Sykes (36 tahun) dari BMW Motorrad WSBK.

2. Superpole Race

Tak seperti MotoGP, WSBK punya empat sesi latihan bebas sebelum balapan pada Sabtu dan Minggu. Selain empat sesi itu akan dilangsungkan kualifikasi superpole untuk menentukan grid, dilanjutkan superpole race.




Banner Video Highlights MotoGP 2021

Hasil dari superpole pada Sabtu pagi selama 25 menit akan menentukan posisi start pada Sabtu sore. Selanjutnya ada superpole race pada Minggu pagi yang akan menentukan posisi start balapan Minggu sore.

Menariknya, hasil superpole race mendapatkan poin. Sembilan pembalap terbaik dalam sesi superpole race itu akan mendapat poin 12, 9, 7, 6, 5, 4, 3, 2, 1.

Bersambung ke halaman berikutnya…


Modifikasi Motor Terbatas, Buka Paddock Jadi Tradisi Unik di WSBK


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *