5 Kebiasaan yang Menyebabkan Kanker


Jakarta, Indonesia —

Sel kanker dapat berkembang di seluruh bagian tubuh. Perkembangan kanker dapat dipicu oleh sejumlah kebiasaan buruk. Hindari kebiasaan yang menyebabkan kanker ini.

American Cancer Society (ACS) menyebut 42 persen kanker dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk. Kebiasaan ini juga menjadi penyebab kanker paling umum di seluruh dunia.

Berikut kebiasaan yang menyebabkan kanker:

1. Merokok




Ilustrasi rokokMerokok adalah salah satu kebiasaan yang menyebabkan kanker. (Foto: Pixabay/tatlin)

Data ACS menunjukkan 20 persen dari semua kanker dan 30 persen kematian karena kanker disebabkan oleh merokok. Sekitar 80 persen dari semua kanker paru juga disebabkan oleh merokok.

Selain kanker paru, merokok dikaitkan dengan kanker mulut, kerongkongan, ginjal, serviks, hati, pankreas, dan usus.

Selain perokok aktif, perokok pasif juga berisiko tinggi terkena kanker.

2. Tidak berolahraga

Studi menunjukkan tidak berolahraga menjadi faktor utama yang meningkatkan risiko seseorang terkena kanker.

World Cancer Research Fund memperkirakan bahwa setidaknya 18 persen dari semua kanker kurangnya aktivitas fisik dan tubuh gemuk. Menghindari kebiasaan ini dapat mencegah kanker.

3. Radiasi

Paparan dari radiasi seperti sinar UV matahari, x-rays, gamma rays, dan radon dalam jangka waktu yang lama juga dapat meningkatkan risiko terhadap kanker. Paparan radiasi ini paling banyak dikaitkan dengan kanker kulit. Selain itu, juga dapat menyebabkan kanker pada bagian tubuh lainnya seperti liver dan getah bening.

4. Makanan tidak sehat

Konsumsi makanan yang tidak sehat seperti tinggi, gula, garam, dan lemak dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh. Peradangan merupakan salah satu pemicu kanker.

Oleh karena itu ganti kebiasaan makan Anda dengan makanan yang bernutrisi tinggi, serta perbanyak buah dan sayur.

5. Konsumsi alkohol

Alkohol juga menjadi penyebab kanker. Data menunjukkan sebanyak 6 persen kanker disebabkan oleh penggunaan alkohol. Minum alkohol dikaitkan dengan kanker mulut, kerongkongan, hati, ginjal, usus, dan payudara.

Itulah kebiasaan yang menyebabkan kanker. Hindari kebiasaan buruk ini dan ganti dengan gaya hidup sehat.

(ptj)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *