5 Kebijakan Pangeran MBS yang Mendobrak Aturan Konservatif Arab Saudi



Jakarta, Indonesia —

Arab Saudi disebut-sebut semakin membuka diri pada kultur modern terutama sejak Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), menjabat sebagai putra mahkota kerajaan pada 2017 lalu.

Sejak itu, MbS berjanji akan mereformasi Saudi, terutama soal difersifikasi ekonomi, yang akhirnya juga turut mempengaruhi sosial dan budayanya.

Sejak menjabat sebagai putra mahkota atau pemimpin de facto Saudi, MbS telah mengeluarkan sejumlah kebijakan yang membongkar kultur konservatif negara Islam itu, mulai dari melonggarkan hak perempuan hingga mengizinkan pakaian bikini di pantai tertentu.

Berikut sejumlah gebrakan MBS selama menjadi putra mahkota Saudi.

1. Izinkan Pakaian Bikini di Pantai

Salah satu wilayah di Arab Saudi, tepatnya kawasan King Abdullah City, merupakan salah satu kota internasional selain Jeddah yang melonggarkan aturan sosial, salah satunya mengizinkan perempuan memakai pakaian renang bikin di pantai-pantai privatnya.

Menurut laporan AFP, sejumlah pantai privat di King Abdullah Economic City juga mengizinkan pasangan lelaki dan perempuan yang belum menikah bercengkrama di depan publik.

2. Perempuan Boleh Hidup Sendiri

Di era Mbs, Arab Saudi juga mengizinkan perempuan bepergian dan hidup sendiri tanpa didampingi wali laki-laki

Di hadapan pengadilan Syariah Saudi, otoritas Kehakiman menghapus pasal 169 dalam Hukum Acara negara tersebut.

“Seorang wanita dewasa memiliki hak untuk memilih tempat tinggal,” kata undang-undang yang telah direvisi, mengutip Middle East Monitor. pada Juni lalu

Masih dalam UU itu, disebutkan pula wali dari seorang perempuan hanya dapat melaporkan jika mereka miliki perempuan itu melakukan kejahatan.

Selain itu, jika perempuan yang sudah bebas dari penjara tidak akan diserahkan kepada wali.

Saudi izinkan perempuan ganti nama hingga gabung militer bisa dibaca di halaman berikutnya >>>


Saudi Izinkan Perempuan Ganti Nama hingga Gabung Militer


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *