5 Kelemahan Timnas Indonesia Jelang Lawan Vietnam di Piala AFF



Jakarta, Indonesia —

Timnas Indonesia akan bentrok melawan Vietnam pada pertandíngan Grup B Piala AFF 2021 (Piala AFF 2020) di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12). Berikut lima kelemahan Garuda Merah Putih jelang laga itu.

Evan Dimas dan kawan-kawan sudah melakoni dua laga yang berakhir dengan kemenangan. Timnas Indonesia untuk sementara memuncaki klasemen Grup B dengan enam poin, mengoleksi sembilan gol dan tiga kali kebobolan.

Vietnam pun mengoleksi enam poin dari dua pertandingan, melesakkan lima gol dan belum kebobolan. Karena Indonesia belum bentrok dengan Vietnam, produktivitas gol jadi acuan klasemen dan bukan head to head.

Berdasarkan dua pertandingan tersebut, ada lima titik lemah Timnas Indonesia yang bisa dieksplorasi lawan. Berikut lima kelemahan Timnas Indonesia menjelang duel Grup B tersebut.

1. Komunikasi

Hingga pertandingan kedua Piala AFF 2020, pemain Timnas Indonesia masih diingatkan Shin Tae Yong untuk menjaga komunikasi. Hal ini diteriakkan Shin di tengah laga melawan Laos dan Kamboja.

Sebelum tampil di ajang ini, saat melakukan latihan di Stadion Madya dan Lapangan B Senayan, Shin menyoroti perihal komunikasi ini. Pemain tampak pasif saat ditekan dan melakukan serangan.

Akibatnya, banyak salah umpan dan pengertian. Perihal komunikasi ini akan dieksploitasi Vietnam jika belum membaik. Tiga gol Vietnam ke gawang Malaysia jadi bukti perihal ini bisa jadi kelemahan.

2. Organisasi Permainan

Pada babak kedua melawan Kamboja dan babak pertama melawan Laos, organisasi permainan Timnas Indonesia tampak berantakan. Hal ini akhirnya dimanfaatkan lawan untuk mencetak gol.

Organisasi transisi dari menyerang ke bertahan pun berjalan lambat. Beberapa kali barisan pertahanan Indonesia tak sigap saat menghadapi serangan balik cepat dan umpan terobosan lawan.

Ini kontras dengan Vietnam yang punya organisasi main rapi. Mereka sabar membangun serangan atau tak buru-buru menekan. Serangan baru di lakukan jika formasi lawan sudah tak ideal.

Bersambung ke halaman berikutnya…


Persoalan klasik Timnas Indonesia Jelang Lawan Vietnam


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *