5 Manfaat Toner yang Mengandung AHA BHA


Jakarta, Indonesia —

AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) merupakan dua bahan aktif yang saat ini populer digunakan sebagai bahan utama skincare, termasuk toner.

Manfaat toner yang mengandung AHA BHA dipercaya efektif mengatasi permasalahan kulit berjerawat serta memudarkan bekasnya.

AHA adalah sejenis asam yang larut dalam air dari tumbuh-tumbuhan, susu, serta buah-buahan manis. Fungsinya mengangkat sel kulit mati dan kerjanya dibagian kulit teratas.

Sementara BHA berasal dari biota laut, buah beri, serta ekstrak pepaya dan nanas. Cara kerjanya bisa larut ke dalam minyak sekaligus menembus lapisan kulit terdalam.

Manfaat Toner AHA BHA

ilustrasi skincare, tonerManfaat toner yang mengandung AHA BHA (Foto: iStockphoto/kokouu)

Merujuk Healthline, kombinasi kedua bahan aktif AHA BHA dapat membantu merawat kulit secara efektif, di antaranya sebagai berikut.

1. Mengurangi peradangan

Kulit yang mengalami peradangan seperti kemerahan akibat jerawat dapat diredam dengan toner AHA BHA supaya lebih tenang.

Selain itu, bahan aktifnya juga dapat membasmi bakteri penyebab jerawat serta permasalahan kulit lainnya.

2. Kurangi pori-pori besar

Pori-pori besar, kulit berminyak, hingga munculnya kerutan di area sekitar wajah merupakan permasalahan umum yang dapat diatasi dengan skincare AHA BHA.

Kandungan utama BHA mempunyai peran hingga ke lapisan terdalam kulit sekaligus membersihkan dan menyerap kelebihan minyak sehingga pori-pori akan tampak lebih kecil.

3. Meratakan warna kulit

Manfaat toner yang mengandung AHA BHA dapat mengatasi warna kulit tidak merata akibat noda bekas jerawat maupun flek yang disebabkan paparan sinar matahari.

Kelompok zat asam dari AHA mampu memudarkan hiperpigmentasi kulit, bekas jerawat, bekas luka, atau melasma.

4. Meningkatkan tekstur kulit

Tak sampai di situ, perpaduan AHA BHA dapat meningkatkan tekstur kulit menjadi lembap, kenyal, cerah, dan kencang.

Terutama AHA, yang punya salah satu fungsi lain sebagai anti-aging untuk melawan tanda-tanda penuaan, garis halus, sampai kerutan.

5. Eksfoliasi

Tingkat eksfoliasi pada toner AHA BHA memang dinilai unggul karena fokus utamanya memberi efek pengelupasan pada sel kulit mati.

Sel-sel kulit mati yang sudah terangkat akan diganti dengan sel kulit baru, sehingga peremajaan kulit wajah lebih terjaga.

Cara Memakai Toner AHA BHA

Perpaduan bahan aktif AHA BHA dalam toner umumnya direkomendasikan untuk jenis kulit normal cenderung kering dan berjerawat.

Aturan pemakaiannya disarankan tidak setiap hari atau 2-3 kali dalam seminggu supaya memberi hasil maksimal.

Apabila digunakan setiap hari, yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu kondisi kulit menjadi lebih mudah berminyak. Berikut cara pemakaiannya:

  1. Bersihkan wajah terlebih dulu dengan makeup remover
  2. Kemudian gunakan face wash supaya kotoran yang ada di kulit wajah terangkat
  3. Lanjut tuang beberapa tetes toner AHA BHA ke kapas tipis
  4. Usap ke seluruh area wajah perlahan dan harus lembut
  5. Pastikan sisa kotoran wajah terangkat menyeluruh
  6. Setelahnya bisa gunakan serum, atau pelembap malam untuk menyempurnakan perawatan wajah

Manfaat toner yang mengandung AHA BHA akan lebih efektif hasilnya jika digunakan dalam rangkaian skincare malam dan sebaiknya tidak dipakai pagi atau siang hari.

(avd/fef)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *