5 Negara Diserbu ‘Tsunami’ Covid Hingga RS Kewalahan Imbas Omicron



Jakarta, Indonesia —

Rumah sakit di sejumlah negara mulai kewalahan menghadapi lonjakan pasien rawat inap imbas lonjakan Covid-19 di tengah penyebaran varian Omicron.

Prancis bahkan menyatakan varian Omicron telah mendominasi kasus Covid-19 baru di negara itu. Sementara itu, varian Omicron telah memicu tsunami Covid-19 di Amerika Serikat yang mencatat infeksi harian hingga tembus 582 ribu kasus dalam sehari.

Berikut deret negara di mana rumah sakit tampak kewalahan atau mulai memasang alarm agar tak mengalami kelumpuhan.

1. Inggris

Inggris mencatat kasus harian Covid-19 hingga ratusan ribu. Lonjakan itu terjadi diduga karena varian Omicron yang menyebar dengan cepat.

Saat ini, Inggris mencatat 229.666 kasus Covid-19 varian Omicron dengan 54 kematian. Jumlah itu menjadi yang terbanyak di dunia saat ini.

Menghindari kelumpuhan rumah sakit, Inggris membangun rumah sakit sementara untuk mengatasi lonjakan pasien akibat kasus Covid-19 yang menggila di negara itu.

Badan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris mengatakan, akan menyediakan tempat tidur tambahan di halaman depan rumah sakit untuk wilayah London, Bristol dan Leeds mulai pekan ini.

Dari rencana tersebut masing-masing rumah sakit akan menampung sekitar 100 pasien tambahan.

“Mengingat tingginya tingkat infeksi Covid19 dan meningkatnya penerimaan rumah sakit, NHS sekarang berada dalam posisi perang,” kata Direktur Medis Nasional, Stephen Powis, seperti dikutip AFP, Kamis (30/12).

Namun staf medis di Inggris juga melontar kritik karena efisiensi tempat tidur dan kekurangan staf medis imbas terpapar Covid-19.

Inggris telah menjadi salah satu negara yang paling terpukul di Eropa. Jumlah kasus harian mencapai 189 ribu kasus pada Kamis (30/12), sementara total kematian lebih dari 148 ribu.

2. Italia

Petugas medis di rumah sakit Covid-19 Casalpalocco Covid Roma, Italia, mengaku kewalahan menghadapi lonjakan pasien di RS tersebut.

“Kami kebanjiran permintaan (pasien) masuk. Ini tekanan terus-menerus” kata Direktur Medis Rumah Sakit itu, Antonio Marchese, kepada AFP, Jumat (31/12).

Marchese khawatir lonjakan pasien akan terus terjadi dan kemungkinan akan lebih tinggi.

Dari 120 tempat tidur di rumah sakit itu, sebanyak 111 tempat tidur diisi pasien terinfeksi Covid-19. Menurut Marchese, kebanyakan pasien yang dirawat di rumah sakitnya belum divaksinasi.

Kasus Covid-19 harian Italia pecah rekor selama dua hari beruntun. Pada Rabu (29/12) kasus harian Covid-19 di Italia mencapai 98.030 infeksi dan kematian 136. Kemudian pada Kamis (30/12), kasus harian tercatat 126.888 kasus, dengan angka kematian 156 jiwa.

Jumlah itu sejalan dengan lonjakan kasus penerimaan pasien di RS Italia. Kenaikan tersebut dipicu oleh varian Omicron dan keengganan warga untuk divaksinasi.

3 negara yang mulai kewalahan akibat lonjakan Covid-19 dapat dibaca di halaman berikutnya >>> 


5 Negara Diserbu ‘Tsunami’ Covid Hingga RS Kewalahan Imbas Omicron


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *