5 Pemimpin Negara dari Generasi Milenial Selain Boric



Jakarta, Indonesia —

Belum lama ini, Chile punya pemimpin baru dari generasi milenial, Gabriel Boric usai berhasil memenangkan putaran kedua. Sejumlah negara juga memiliki pemimpin yang lahir sekitar tahun 1981 hingga 1995 atau tergolong dalam generasi milenial,

Berikut lima pemimpin negara dari generasi milenial.

1. Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un

Kim Jong-un menggantikan posisi sang ayah, Kim Jong-il untuk memimpin Korea Utara saat usianya baru 27 tahun. Kim lahir pada 8 Januari 1984, kini usia dia 36 tahun.

Kim Jong-il meninggal pada 17 Desember 2011, di usia 69 tahun. Namun kematian eks pemimpin itu baru diketahui publik usai dua hari. Televisi pemerintah Korut mengumumkan kabar duka itu pada 19 Desember.

Kim Jong-un disebut sangat berambisi soal pengembangan nuklir dan memperkuat basis militernya. Di tengah krisis pangan yang sedang melanda, mereka terus melakukan uji coba nuklir untuk mengancam pihak lawan.

2. Perdana Menteri Finlandia, Sanna marin

Sanna Marin menjadi Perdana Menteri Finlandia sejak 10 Desember 2019.

Perempuan kelahiran 16 November 1985 itu juga menjadi ketua Partai Demokratik Sosial pada 2020.

Ia lahir di Helsinki. Namun ia menghabiskan sekolah menengah di 2004. Marin lalu melanjutkan ke perguruan tinggi di Universitas Tampere. Pada 2020, ia menikah dengan Markus Raikkonen, dan dikaruniai satu anak perempuan.

Marin mulai terjun di dunia politik dan mulai bergabung dengan organisasi sayap Partai Demokrat pada 2006. Dua tahun kemudian, dia maju ke pemilihan dewan perwakilan kota Tampere. Meski gagal, ia tak gentar dan mencoba lagi pada 2012. Di tahun ini, ia berhasil terpilih menjadi DPD Tampere.

Kemudian pada 2015-2019 ia menduduki kursi di parlemen. Di antara rentang waktu itu, pada 2017, ia terpilih sebagai wakil pemimpin pertama Partai Sosial Demokrat.

Marin menggantikan posisi Antti Rane usai mengundurkan diri lantaran terlibat kasus perselisihan gaji, yang memicu pembubaran koalisi.

Lanjut baca di halaman 2…


Jacinda Ardern hingga Nayib Bukele


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *