5 Wisata Pantai Jogja dengan Panorama yang Memukau


Jakarta, Indonesia —

Yogyakarta dikenal salah satu destinasi wisata yang tersohor. Namanya populer di tengah wisatawan lokal dan mancanegara.

Selain kaya akan khazanah budaya dan kuliner, kawasan selatan Yogyakarta juga memiliki deretan pantai dengan panorama yang indah.

Wisata Pantai di Jogja

Ada banyak destinasi wisata pantai Jogja, khususnya di Kabupaten Gunungkidul, di mana suasana pantai dan lautnya masih sangat terjaga.

Apabila Anda berkesempatan menjelajah Yogyakarta, sempatkan diri untuk singgah di deretan pantai Gunungkidul berikut.

1. Pantai Pok Tunggal

[Gambas:Instagram]

Pantai Pok Tunggal berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Keberadaan Pantai Pok Tunggal dijuluki sebagai surga tersembunyi. Aksesnya yang cukup sulit terbayar tuntas saat Anda sampai di tempat ini.

Suasana pantainya tenang dengan hamparan pasir putih lembut.

2. Pantai Timang




Yogyakarta, Indonesia - November 07, 2017:  Tourists riding on hand-operated gondola to travel in Timang Beach, Gunungkidul, yogyakarta, indonesia.Suasana Pantai Timang, salah satu wisata pantai Jogja di Kabupaten Gunungkidul. (istockphoto/khafid mukriyanto)

Pantai Timang berlokasi sekitar 50 kilometer dari Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Pantai ini berada di Desa Danggolo, Purwodadi, Gunungkidul, Yogyakarta.

Timang termasuk salah satu pantai yang mempunyai pasir putih. Pantai ini juga dilengkapi dengan wahana Gondola dan jembatan gantung yang menarik minat pelancong.

Di pantai ini juga terdapat restoran dengan menu utama seafood. Harga tiket masuknya Rp10 ribu, tidak termasuk tiket wahana Gondola atau jembatan gantung.

3. Pantai Siung

Wisata pantai Jogja selanjutnya adalah Pantai Siung yang berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Pantai ini terkenal eksotis dengan batu karang raksasa di pinggiran pantainya.

Batu karang yang menjulang tinggi di sekitar Pantai Siung kerap dijadikan arena panjat tebing oleh wisatawan.

Dari pusat Kota Yogyakarta, diperlukan waktu tempuh 2-3 jam untuk tiba di Pantai Siung. Masuk ke Pantai Siung hanya dikenakan biaya Rp3 ribu dan belum termasuk sewa penginapan atau keperluan lainnya.

4. Pantai Wediombo

[Gambas:Instagram]

Pantai Wediombo sebenarnya tidak terlalu jauh dari Pantai Siung. Pantai ini berjarak 80 kilometer dari Kota Yogyakarta.

Menurut sejarahnya, Pantai Wediombo terbentuk karena letusan gunung api purba sehingga teluknya berbentuk lingkaran. Pantai disebut-sebut sebagai bekas area kawah gunung api.

Wediombo sering kali dijadikan lokasi surfing. Untuk masuk ke dalam, Anda akan dikenakan tarif Rp3 ribu, belum termasuk tiket parkir motor atau mobil.

5. Pantai Watulawang

[Gambas:Instagram]

Berikutnya ada Pantai Watulawang atau dikenal sebagai hidden gem beach yang berada di Gunungkidul.

Letak Pantai Watulawang ini persis berada di sebelah timur Pantai Trenggole. Posisinya yang cukup tersembunyi membuat tempat ini belum terlalu banyak diketahui pelancong.

Wisata pantai Jogja satu ini mempunyai terowongan batu alami yang eksotis untuk dilewati pengunjung yang menjadi daya tariknya.

(avd/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *