6 Bahan Skincare Terbaik untuk Kulit Sensitif


Jakarta, Indonesia —

Memilih bahan skincare untuk kulit sensitif memang tidak mudah. Salah memilih kandungannya justru akan membuat kulit semakin iritasi.

Penyebab kulit wajah menjadi sensitif bisa dikarenakan banyak faktor, seperti genetik, penyakit eksim, dermatitis kontak, stres, perubahan hormon, dan masih banyak lagi.

Orang yang mempunyai kulit sensitif harus selalu menggunakan pelembap karena jika kulitnya tidak terhidrasi sangat berisiko kering, mengelupas, lalu muncul iritasi.

Ciri Kulit Wajah Sensitif




Focused beautiful young woman looking at herself in the bathroom mirror at homeCiri kulit wajah sensitif bisa dilihat dari sejumlah tanda. (Foto: Istockphoto/Wavebreakmedia)

Ciri-ciri kulit sensitif sangat mudah diamati dari hal-hal berikut atau memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit untuk mengikuti tes alergi.

  • Mudah bereaksi ketika menggunakan produk perawatan
  • Rentan iritasi atau breakout
  • Rentan iritasi saat terpapar sinar matahari
  • Saat pergantian musim bisa muncul kemerahan atau reaksi gatal
  • Kulit tidak toleransi terhadap produk dengan kandungan wewangian
  • Mudah gatal, kemerahan, kering, sampai kulit mengelupas

Bahan Skincare Kulit Sensitif




natural aloe vera cream on a dark rustic wooden background.Aloe vera cocok digunakan sebagai bahan skincare untuk kulit sensitif (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Andrii Pohranychnyi)

Dilansir WebMd, kulit sensitif sangat membutuhkan perawatan dari bahan-bahan yang lembut dan menenangkan.

Selain itu, jenis kulitnya cenderung anti astringen atau abrasif karena dapat memperburuk iritasi. Berikut beberapa bahan skincare untuk kulit sensitif yang direkomendasikan.

1. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya sangat terkenal digunakan ke dalam bahan skincare karena sifatnya terbukti menenangkan kulit khususnya saat iritasi, kulit terbakar (sunburn).

98 persen gel pada aloe vera merupakan air yang berperan untuk melembapkan sedangkan hormon giberelin dan polisakaridanya bertindak sebagai antibakteri.

Anda dapat menemukan lidah buaya di produk perawatan kulit seperti pelembap, toner atau serum, dan perawatan rambut.

2. Green Tea

Skincare berbahan green tea mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang efektif memperlambat tanda-tanda penuaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa green tea juga memiliki efek menenangkan sekaligus meningkatkan tingkat kelembaban kulit.

Selain itu, varian green tea paling populer ada pada produk masker sekali pakai, atau clay. Manfaat lainnya yaitu ampuh menghalau jerawat serta mengecilkan pori-pori.

3. Hyaluronic Acid

Bahan aktif hyaluronic acid atau asam hyaluronic sangat bersahabat bagi Anda pemilik kulit sensitif.

Hyaluronic acid akan bekerja mengunci hidrasi pada kulit dalam jumlah banyak sehingga kelembapannya terjaga.

Pemakaian skincare hyaluronic acid relatif aman digunakan setiap hari, biasanya sudah dikemas ke dalam toner, essence, serum, moisturizer sampai body lotion.

4. Glycerin




ilustrasi skincareGlycerin merupakan bahan skincare yang bagus untuk kulit sensitif  (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Aja Koska)

Glycerin merupakan senyawa poliol dari tumbuhan atau disebut alkohol alami karena terdapat di dalam jaringan tubuh manusia.

Senyawa aktif glycerin pada skincare bekerja efektif sebagai pelembap dan membuat kulit mampu menyerap air dari udara sehingga mencegah kekeringan.

Skincare berbahan glycerin dianggap sangat aman dan tidak mungkin mengiritasi kulit bahkan ampun menyembuhkan kulit kasar, kering, pecah-pecah.

5. Ceramides

Ceramides adalah golongan asam lemak yang kerap dicampurkan ke dalam bahan utama skincare kulit sensitif.

Sebenarnya ceramides ini dapat ditemukan dalam sel kulit manusia, bahkan senyawa ini membentuk di bagian kulit luar atau epidermis.

Akan tetapi, seiring bertambahnya usia jumlah ceramides bisa berkurang, sehingga menggunakannya ke dalam rangkaian skincare sangat bagus untuk menghidrasi kulit.

6. Dimethicone

Dimethicone bisa dikatakan sebagai zat berbasis silikon yang berasal dari polymer dan kerap digunakan sebagai bahan penghalus produk makeup, skincare, dan perawatan rambut.

Bahan skincare untuk kulit sensitif dengan kandungan dimethicone sangat efektif melembapkan tanpa terasa berat atau lengket.

Selain digunakan ke dalam produk kecantikan, dimethicone juga diandalkan untuk keperluan medis seperti zat pada obat lambung.

(avd/fef)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *