6 Minuman Terbaik Setelah Olahraga, Bantu Turunkan Berat Badan


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Olahraga rutin perlu didukung minuman yang membantu pemulihan usai berolahraga sekaligus bantu turunkan berat badan. Simak rekomendasinya.

Makanan atau minuman yang dikonsumsi setelah berolahraga sangat penting berkaitan dengan pemulihan energi, pembentukan otot, dan pembakaran lemak.

Hanya saja, orang sering abai dan minum saja minuman yang dirasa dingin dan manis. Padahal, minuman dengan pemanis tambahan jelas bakal merusak agenda penurunan berat badan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Minuman setelah olahraga

Dengan pilihan minuman yang tepat, Anda dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Sebaiknya pilih minuman berikut setelah olahraga.

1. Air putih

Air putih jadi minuman paling aman dikonsumsi setelah berolahraga. Buat yang olahraganya intens, tubuh bisa kehilangan empat persen dari berat badan dalam bentuk air.

Padahal, menurut American College of Sports Medicine, kehilangan lebih dari dua persen dari berat badan selama latihan bisa mengakibatkan dehidrasi.

Oleh karenanya, ganti cairan tubuh dengan air putih yang cukup.

2. Teh hijau

Teh hijau sangat baik diminum setelah olahraga. Minuman satu ini membantu pembakaran lemak, penambah energi, dan mengandung antioksidan. Antioksidan ini lah yang membantu metabolisme lemak dan melawan radikal bebas yang dipicu olahraga.

3. Susu cokelat

Air memang mampu menggantikan cairan yang hilang, tapi susu cokelat memberikan lebih dari sekadar cairan pengganti. Anda akan mendapatkan karbohidrat dan protein yang berguna untuk pembentukan otot.

Mengutip dari GQ, peneliti menemukan, susu cokelat mengisi kembali simpanan glikogen dan menghidrasi tubuh sama baiknya dengan minuman elektrolit seperti Gatorade.

4. Minuman jahe




ilustrasi teh jaheIlustrasi. Teh jahe, salah satu minuman terbaik setelah olahraga. (iStockphoto/5second)

Tak ada yang aneh dari konsumsi minuman jahe setelah berolahraga. Minum jahe terdengar aneh sebab umumnya orang mencari minuman segar setelah olahraga, bukan yang memberikan efek hangat.

Hanya saja, secangkir teh jahe baik jadi minuman setelah olahraga sebab bisa mendorong rasa kenyang, memangkas nafsu makan, dan mendorong metabolisme.

5. Air lemon

Bosan dengan air putih, coba berikan potongan lemon sehingga jadi air lemon atau infused water. Mengutip dari Times Now News, air lemon akan menyelamatkan Anda dari rasa lapar berlebih setelah olahraga.

6. Smoothie

Smoothie bisa jadi minuman setelah olahraga, apalagi jika terbuat dari bahan-bahan yang sehat. Smoothie pun bisa mencegah makan berlebih dan memberikan asupan nutrisi penting buat tubuh.

Beberapa bahan smoothie berikut dianjurkan untuk pemulihan stamina dan penurunan berat badan seperti air kelapa, selai kacang (kacang tanah atau almond), yogurt tawar, beri-berian, nanas, dan sayuran hijau (bayam, kale).

(els/asr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *