6 Tanda Teman Cemburu Pada Kesuksesan Anda



Jakarta, Indonesia —

Hubungan pertemanan tak selalu mulus. Ada saatnya Anda bertengkar dengan teman baik hanya karena masalah sepele. Anda juga mungkin pernah merasa kesal karena seorang teman diterima di perusahaan besar dengan upah tinggi, meski Anda tetap menyampaikan ucapan selamat padanya.

Ada saatnya, Anda juga mengalami sebuah pencapaian besar dalam hidup, entah itu menikah, mendapat bonus kerja atau diterima di perusahaan besar dengan gaji yang juga tinggi, tapi teman Anda malah menjauh tanpa alasan yang jelas.

Ini bisa jadi perasaan iri atas pencapaian yang diraih teman terdekat dan tentu saja enggan mengakuinya secara blak-blakan.

Para ahli mengatakan orang jarang merasa nyaman mengakui perasaan iri yang mereka alami secara langsung. Konselor LMFT (Licensed Marriage and Family Therapist) Heidi McBain mengatakan kepada Bustle, perasaan iri muncul karena rasa tidak aman atas pencapaian orang lain yang tidak Anda alami.

“Ingat bahwa jenis perilaku ini bukan tentang Anda, tetapi tentang masalah dan rasa tidak aman teman Anda,” kata dia.

Berikut tanda-tanda kecemburuan dalam hubungan pertemanan yang bisa Anda waspadai:

1. Menyebut kata ‘Tidak Adil’

Teman-teman di sekitar Anda mulai merasa tidak adil dengan pencapaian yang Anda dapatkan. Terapis dari platform kesehatan mental Talkspace, Liz Kelly mengatakan salah satu cara melihat kecemburuan seseorang adalah dengan memerhatikan cara mereka bicara dan memandang dunia.

“Ada kemungkinan besar teman Anda cemburu jika mereka sering merasa bahwa hidup ini tidak adil.” kata dia.

2. Menjauhi media sosial Anda tapi memberi perhatian ke orang lain

Memang tampak seperti hal biasa, tetapi komentar di media sosial bisa menjadi tanda kecemburuan yang sah. Jika suatu ketika seorang teman tak memberi perhatian pada postingan Anda tapi memberi banyak perhatian ke media sosial orang lain, ini bisa menjadi tanda mereka cemburu.

3. Mencoba menjatuhkan

Seorang teman yang cemburu bisa mengubah sesuatu yang positif yang tengah Anda alami menjadi hal negatif, misal dengan ucapan selamat yang bernada menjatuhkan.

4. Bicara di belakang Anda

Mungkin kecemburuan itu tidak muncul di depan Anda langsung, tapi justru dilakukan di belakang Anda. Kelly mengatakan jika teman Anda secara teratur bergosip tentang orang lain dan meremehkan pencapaian mereka, mungkin mereka juga melakukan hal itu kepada Anda.

5. Bahasa tubuh yang berbeda

Saat Anda menceritakan sebuah pencapaian raut muka dan cara mereka bicara, bisa jadi biasa saja, tapi perhatikanlah gerak tubuhnya. Mungkin mereka menyilangkan tangan, sedikit menjauh, atau berlebihan dengan pelukan dan kedekatan sehingga Anda mulai merasa sedikit tercekik.

6. Mulai membandingkan

Mereka mulai membandingkan kehidupan Anda yang tidak mereka miliki sehingga dia tak mendapat kesuksesan seperti yang Anda dapatkan.

(tst/chs)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *