7 Cara Ampuh Atasi Memori Penuh di Ponsel


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Memori yang penuh sering kali menjadi penyebab utama menurunnya performa ponsel. Hal ini membuat aktivitas sehari-hari terganggu seperti ponsel lemot, sering keluar dari aplikasi, dan tidak dapat menambahkan aplikasi baru.

Oleh karena itu, penting untuk mengelola penyimpanan dengan bijak demi kinerja ponsel tetap lancar.

Saat ini, sebagian besar ponsel yang beredar sudah dilengkapi dengan memori internal minimal 128GB, bahkan ada yang mencapai 256GB hingga 512GB. Meski demikian perkembangan ukuran foto & video dan aplikasi juga semakin membesar. Hal ini menghabiskan lebih banyak ruang penyimpanan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tidak hanya itu, banyak cache yang menumpuk di HP kita seiring lamanya berselancar di internet dan media sosial sehingga perlu dilakukan manajemen yang cermat. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi masalah memori penuh di HP:

1. Hapus cache aplikasi

Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses akses. Namun, semakin sering aplikasi digunakan, semakin besar pula data cache yang tersimpan. Menghapus cache dapat membebaskan ruang tanpa menghapus data penting aplikasi.

2. Hapus atau backup file

Foto, video, dan data lainnya yang menumpuk di ponsel bisa memakan ruang penyimpanan. Anda bisa menghapus file yang sudah tidak diperlukan atau melakukan backup ke perangkat lain seperti laptop, hard drive eksternal, atau cloud.

WhatsApp merupakan aplikasi yang paling sering digunakan untuk mengirim pesan, gambar, hingga video di Indonesia. Seiring waktu, data-data yang dikirim dan diterima di WhatsApp akan menumpuk, menghabiskan memori ponsel. Solusinya, hapus file yang tidak lagi diperlukan atau pindahkan ke penyimpanan eksternal atau cloud.

4. Matikan unduhan otomatis WhatsApp

Untuk mencegah memori cepat penuh, matikan fitur unduhan otomatis di WhatsApp. Langkah-langkahnya adalah:
* Buka aplikasi WhatsApp.
* Pilih ikon tiga titik di bagian atas kanan layar.
* Masuk ke “Setelan” > “Penyimpanan dan data”.
* Pada bagian “Saat menggunakan data seluler” dan “Saat terhubung ke Wi-Fi”, hilangkan centang pada foto, audio, video, dan dokumen.




ilustrasi hp androidFoto: istockphoto/Pornpak Khunatorn
ilustrasi hp android

5. Gunakan penyimpanan cloud

Solusi lain yang efektif adalah menggunakan penyimpanan cloud. Anda bisa memindahkan file besar seperti video dan foto ke penyimpanan awan seperti Google Drive, iCloud, atau OneDrive. Layanan ini tersedia secara gratis dengan kapasitas terbatas namun bisa ditingkatkan dengan membayar biaya berlangganan.

6. Gunakan aplikasi pembersih

Aplikasi pembersih, seperti CCleaner for Android, dapat membantu membersihkan cache dan data yang tidak diperlukan secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu mengoptimalkan RAM untuk meningkatkan performa ponsel saat multitasking.

7. Gunakan kartu memori eksternal

Memori eksternal dapat menjadi solusi untuk menyimpan file-file besar seperti foto dan video, sehingga memori internal ponsel bisa digunakan untuk aplikasi dan sistem. Pastikan ponsel anda mendukung penggunaan kartu memori eksternal.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, anda bisa menjaga performa ponsel tetap optimal meski dengan penggunaan yang intensif.

(TIM/asa)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *