7 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki


Jakarta, Indonesia —

BekasĀ luka yang muncul di bagian kaki biasanya disebabkan oleh luka setelah jatuh, alergi, atau penyakit kulit.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki dapat diatasi dengan berbagai metode perawatan. Mulai dari penanganan secara mandiri sampai medis.

Umumnya bekas luka pada kaki seringkali sudah berubah warna menjadi hitam, putih, kemerahan, hingga muncul keloid yang menonjol karena tumbuh abnormal.

Normalnya masa penyembuhan luka tersebut bisa berlangsung selama periode mingguan, bulanan, bahkan bertahun-tahun tergantung keparahan kondisinya.

Dilansir dari laman Medical News Today, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka.

1. Minyak esensial




tea tree oilCara menghilangkan bekas luka di kaki dengan minyak esensial (Ilustrasi Foto: iStockphoto/ronstik)

Minyak esensial atau essential oil dapat mengurangi infeksi, peradangan, sekaligus mengurangi bekas luka pada kulit. Baik itu luka yang masih baru atau sudah lama.

Variasi minyak esensial terpopuler untuk bekas luka yaitu chamomile, frankincense, geranium, helichrysum, lavender, tea tree, atau purcellin oil.

2. Gel eksfoliasi

Bekas luka yang menghitam umumnya terjadi karena kulit terkikis sehingga lapisan darah di atas luka mengeras, lalu berubah membentuk koreng atau bopeng dengan warna gelap.

Untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada bekas luka, dapat diatasi menggunakan pelembap kulit, minyak esensial, atau gel eksfoliasi untuk membantu memudarkan bekasnya.

3. Krim OTC




Ilustrasi gelCara menghilangkan bekas luka di kaki dengan krim atau salep khusus penghilang luka yang dijual bebas di apotek (Ilustrasi Foto: iStock/HappyNati)

Cara menghilangkan bekas luka di kaki bisa dengan salep atau krim OTC (over the counter) yang ada di apotek atau drugstore tanpa perlu resep dokter.

Baca terlebih dulu petunjuk pemakaian dan bahan aktif di dalamnya untuk menghindari iritasi lainnya. Khususnya bagi pemilik jenis kulit sensitif.

4. Chemical peeling

Opsi lain untuk membersihkan bekas luka yaitu perawatan chemical peeling dan biasanya tersedia di klinik kecantikan.

Metode ini akan menggunakan cairan atau krim berformula khusus, lalu dioleskan pada kulit yang mempunyai bekas luka.

5. Microneedling

Sama dengan chemical peeling, metode berikut dapat Anda jumpai di klinik kecantikan. Tapi sebelumnya, disarankan konsultasi terlebih dulu supaya mendapat tindakan tepat.

Alat microneedling ini berbentuk roller dengan pinggiran jarum-jarum kecil. Nantinya digunakan ke bekas luka supaya merangsang produksi kolagen dan mengurangi tampilan bekas luka maupun bopeng.

6. Laser




Laser Hair Removing Epilation Equipment on legs.Cara menghilangkan bekas luka di kaki yang parah dengan terapi laser (Ilustrasi Foto: iStockphoto/ZeynepKaya)

Terapi laser menggunakan alat bantu cahaya untuk mengobati bekas luka yang parah. Perawatan ini menargetkan pembuluh darah di dalam jaringan parut.

Perawatan laser harus dilakukan berulang sesuai jenis luka supaya hasilnya efektif. Efek samping sementara biasanya muncul kemerahan, tapi ada juga yang tanpa risiko.

7. Injeksi

Cara menghilangkan bekas luka di kaki dapat diatasi dengan tindakan injeksi atau suntik menggunakan cairan formula khusus.

Jenisnya ada suntik dermal fillers untuk produksi kolagen, suntik botox mengurangi visibilitas bekas luka, atau kortikosteroid yang memperkecil ukuran luka sehingga tersamarkan.

(avd/fef)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *