7 Ide Menu Diet yang Simpel, Mudah Dibuat


Jakarta, Indonesia —

Menu diet tak selalu rumit. Anda bisa mencoba beberapa menu sederhana yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Membuat menu diet yang simpel, padat nutrisi, serta rendah kalori, sebenarnya tidak terlalu rumit. Bahan bakunya bahkan mudah didapat dan cukup murah.

Menu Diet yang Simpel




ilustrasi diet rendah proteinIlustrasi. Menu diet yang simpel tak terlalu rumit untuk dibuat. (iStockphoto/RossHelen)

Mulai dari olahan sayur, makanan bertumis sampai salad, semuanya dapat Anda masak sendiri. Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan menu diet simpel untuk dicoba.

1. Semur telur tahu

Perpaduan telur rebus dan tahu yang dimasak dengan bumbu kecap ini cocok menjadi menu diet karena tinggi protein hewani serta nabati untuk suplai bahan bakar metabolisme.

Selain telur ayam, Anda juga bisa menggunakan telur puyuh karena sama-sama tinggi protein.

Merujuk Fat Secrets, satu mangkuk semur telur tahu memiliki 313 kalori yang terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein.

2. Ayam teriyaki

Ayam atau daging sapi yang dimasak dengan bumbu teriyaki merupakan menu simpel ala Jepang. Sajian satu ini hadir dengan cita rasa manis dan gurih.

Cara memasak hidangan ayam teriyaki sangat praktis. Anda hanya perlu menggunakan fillet dada ayam yang bebas lemak.

Sementara bumbu kecapnya bisa diganti kecap manis khusus diet serta saus tiram karena rendah kalori. Per 100 gram ayam teriyaki hanya mengandung 180 kalori.

3. Caesar salad




Ilustrasi saladIlustrasi. Beberapa menu diet yang simpel juga tetap rendah kalori dan kaya nutrisi. (Kaboompics)

Menu diet yang simpel berikutnya yaitu caesar salad. Anda cukup siapkan sayuran hijau segar, edamame, telur rebus, roti gandum kering, parutan keju parmesan, dan caesar dressing.

Anda boleh menambahkan protein dari fillet dada ayam rebus, tahu, atau steak tempe. Semua bahan tinggal dipotong-potong, masukkan ke dalam mangkuk, dan siram dengan dressing.

Caesar salad yang terdiri dari serat, protein, karbohidrat, mempunyai 520 kalori dengan porsi mengenyangkan.

4. Cumi kemangi

Cumi-cumi termasuk makanan laut yang lebih kaya akan protein dibanding udang. Selain itu, jenis seafood ini memiliki sedikit lemak.

Olahan tumis cumi bumbu kemangi bisa masuk ke daftar menu diet sederhana dengan harga bahannya masih terjangkau.

Per 100 gram cumi-cumi hanya mengandung 92 kalori. Menjadi 110 kalori jika sudah dimasak dengan bumbu-bumbu lainnya.

5. Japanese shoyu salad

Japanese shoyu salad merupakan hidangan ala Negeri Sakura di mana dressing salad terbuat dari wijen dan bawang bombay.

Cara menyajikannya untuk makanan diet sangat mudah. Anda bisa menggunakan nasi merah atau cokelat sebagai sumber karbohidrat dengan takaran 100 gram atau setara 7 sdm.

Untuk protein dan serat, tambahkan telur rebus, wortel dan buncis panggang, nori, lalu siram dengan Japanese shoyu dressing. Menu ini memuat 589 kalori.

6. Korean bulgogi bowl




Bulgogi di Restoran Kongbul, Busan, Korea Selatan.Ilustrasi. Bulgogi bisa jadi salah satu menu diet yang simpel, yang bisa Anda coba. ( Indonesia/ Christie Stefanie)

Selanjutnya adalah menu diet sehat ala Negeri Ginseng, yaitu Korean bulgogi bowl yang penyajiannya memakai mangkuk ukuran sedang.

Anda disarankan menggunakan 100 gram nasi merah atau cokelat sebagai sumber karbohidrat. Tambahkan beef bulgogi, daun bayam kukus, edamame, lalu siram dengan bulgogi dressing dan taburan wijen.

Satu porsi menu Korean bulgogi bowl mempunyai 437 kalori dengan takaran sangat mengenyangkan.

7. Nasi goreng beras cokelat

Menu diet yang simpel berikutnya adalah nasi goreng menggunakan sisa nasi cokelat. Untuk bumbu-bumbu, cukup irisan bawang putih, sedikit kecap ikan, dan saus tiram.

Cara memasaknya masih sama seperti nasi goreng umumnya. Namun, gunakan cukup 100 gram nasi dengan campuran sayuran hijau, telur, atau tahu putih.

Masih merujuk Fat Secrets, satu porsi nasi goreng cokelat mengandung 332 kalori. Jumlah tersebut masih memungkinkan jika ditambah sayuran atau protein lain supaya kaya nutrisi.

(avd/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *