7 Keluarga Tajir yang Berpengaruh di Dunia, Rothschild hingga Saud



Jakarta, Indonesia —

Hidup bergelimang harta sampai ke anak cucu menjadi mimpi kebanyakan masyarakat dunia. Tak hanya hidup menikmati cuan, kekuasaan dan pengaruh di dunia juga menjadi apa yang diidam-idamkan beberapa orang.

Namun, bagi beberapa orang, kehidupan penuh dengan harta bukanlah impian semata. Ada beberapa orang yang berhasil memperkaya diri dan keturunan mereka hingga beberapa generasi.

Berikut beberapa keluarga kaya yang berpengaruh di dunia dari Rothschild, Saud, hingga Ambani:

1. Rothschild

Rothschild merupakan dinasti perintis perbankan yang cukup terkenal di Eropa dan dunia. Keluarga ini disebut memiliki kekayaan hingga US$350 miliar atau setara Rp5.035 triliun. Kekayaan keluarga ini dimulai dari pendirinya, Mayer Amschel Rothschild, pada abad ke-18 ketika ia mendirikan sebuah bank.

Kekayaan keluarga Rothschild masih menjulang hingga saat ini. Beberapa industri yang masih dipegang keluarga ini antara lain pelayanan keuangan, real estate, pertambangan, energi, dan yayasan amal. Keluarga itu juga memiliki puluhan kilang anggur merah di seluruh dunia.

Meski demikian, keluarga ini memiliki beberapa sisi gelap. Amschel Rothschild, salah satu anggota keluarga Rothschild bunuh diri di sebuah hotel di Paris akibat depresi. Depresi ini muncul akibat kematian ibunya, Teresa Rothschild, dikutip dari The Independent.

Keturunan Rothschild lain yang memutuskan bunuh diri ialah Charles Rothschild. Ia memutuskan menggorok lehernya dengan pisau saat ia juga mengidap penyakit otak, encephalitis.

2. Rockefeller

Keluarga Rockefeller menjadi keluarga lain yang berpengaruh di Amerika Serikat dan dunia. Perusahaan minyak keluarga ini, Standard Oil, pernah menguasai 90 persen kilang minyak di negara itu.

Kekayaan Rockefeller dimulai dengan ‘raja’ minyak John D. Rockefeller yang mendirikan Standard Oil pada 1870, dikutip Britannica.

Mengutip Fox Business, penulis Malcolm Gladwell dalam buku yang berjudul Outliers mengestimasikan kekayaan Rockefeller mencapai US$318.3 miliar di zaman keemasan mereka, atau setara dengan Rp4.562 triliun.

Di 2020, kekayaan bersih keluarga ini menyusut jadi US$8,4 miliar (Rp120 triliun). Kisah tragis juga menimpa beberapa anggota keluarga ini.

Salah satu garis keturunan Rockefeller, Michael Clark Rockefeller, hilang di Papua kala mengumpulkan ukiran kayu Suku Asmat. Otoritas kala itu mengatakan bahwa Michael Rockefeller meninggal karena tenggelam, tetapi ada pendapat lain yang menyebut ia merupakan korban kanibalisme.

3. Koch

Kekayaan keluarga Koch dimulai ketika pendirinya, Fred C. Koch memulai perusahaan swasta terbesar di Amerika, Koch Industries. Koch mendirikan Wood River Oil and Refining Company pada 1940, dikutip dari Forbes.

Setelah Koch meninggal dunia pada 1967, salah satu anaknya, Charles, mengambil alih kekuasaan dan memimpin Koch Industries. Sejak ia memimpin, sektor lain yang menjadi bahan bisnis Charles ialah produk kertas, bahan kimia, dan dana modal ventura.

Intip daftar keluarga kaya lain dari Walton hingga Saud, baca di halaman berikutnya…


Keluarga Walton hingga Saud dengan Kekayaan Setara Ribuan Triliun Rupiah


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *