7 Manfaat Tak Terduga Apel Hijau untuk Kesehatan



Jakarta, Indonesia —

Apel merupakan buah kaya manfaat. Manfaat apel dapat berbeda tergantung dari warna kulitnya. Manfaat apel hijau berbeda dengan apel berwarna merah atau yang kekuningan.

Apel hijau memiliki kandungan gizi yang tinggi mulai dari vitamin, mineral hingga antioksidan.

“Semua jenis apel itu sehat, apel hijau yang terasa masam juga sangat sehat dan mengandung banyak vitamin, terutama vitamin C,” kata Dokter gizi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Inge Permadi saat dihubungi Indonesia.com, Senin (6/12).

Inge mengatakan manfaat apel hijau baik diet, bisa mencegah kanker, hingga menjaga kesehatan mata. Berikut manfaat apel hijau untuk tubuh dan kesehatan:

1. Menurunkan berat badan

Apel hijau memiliki karbohidrat dan gula yang rendah. Sebaliknya, Apel hijau kandungan air yang cukup tinggi yang bisa membantu Anda merasa kenyang.

Melansir The Healthy Tomato, sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Medicinal Food menemukan bahwa tikus yang diberi diet tinggi lemak yang diberi asam ursolat (ditemukan di kulit apel hijau) kehilangan berat badan lebih banyak daripada tikus yang tidak makan apel hijau.

2. Detoksifikasi hati

Serat tinggi yang terkandung dalam apel hijau dibarengi dengan antioksidan akan meningkatkan produksi empedu yang membantu mengeluarkan racun sebelum mencapai hati. Selain itu, asam ursolat di kulit apel hijau terbukti mengurangi risiko penyakit hati.

3. Menguatkan tulang

Apel hijau mengandung vitamin C yang akan meningkatkan produksi kolagen, komponen lain yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Diet sehat yang kaya kalsium dan mineral bersama dengan konsumsi apel hijau akan menutrisi tulang.

4. Melancarkan pencernaan

Apel mengandung bentuk pektin yang larut dan tidak larut. Pektin yang larut mengikat cairan pencernaan dan mencegahnya diserap sebelum mencapai lambung. Pektin yang tidak larut memberikan struktur pada dinding usus dan memungkinkan penyerapan nutrisi. Ini berarti mengonsumsi apel secara teratur akan mencegah kembung setelah makan dan menjaga lapisan usus tetap utuh.

5. Mengurangi risiko kanker

Aktivitas antioksidan apel hijau membantu melindungi pembentukan sel kanker. Apel hijau memiliki kemampuan untuk menetralisir radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan DNA dan protein.

Kemampuan apel hijau menangkal kanker juga dibuktikan dengan beberapa penelitian yang menunjukkan kekuatan buah ini untuk mengurangi pertumbuhan sel kanker. Pada kanker payudara, kandungan fitokimia dan flavonoid dapat mereduksi pertumbuhan sel kanker secara signifikan.

6. Menurunkan kolesterol

Serat dalam apel mengikat kolesterol dan asam empedu di saluran pencernaan dan mencegahnya diserap kembali ke dalam tubuh. Kolesterol jahat pun bakal berkurang atau tidak menumpuk di pembuluh darah.

7. Meningkatkan penglihatan

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi di apel hijau, membuat buah ini sangat bagus untuk kesehatan mata.

Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir, sementara vitamin C meningkatkan produksi kolagen dan menjaga jaringan ikat tetap kuat. Kedua vitamin ini bekerja sama untuk meningkatkan penglihatan yang sehat.

Itulah manfaat apel hijau untuk kesehatan.

(tst/ptj)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *