7 Rekomendasi Makanan agar Kuku Cepat Tumbuh dan Kuat


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Apa yang Anda konsumsi memengaruhi kondisi kuku. Berikut rekomendasi makanan agar kuku cepat tumbuh dan kuat.

Kondisi kuku menggambarkan gambaran kesehatan dan kebersihan pemiliknya. Tak heran banyak orang menginginkan kuku yang kuat dan sehat.

Bagi mereka yang suka mendandani kuku, kuku yang panjang penting untuk memberikan wadah kreasi yang lebih leluasa.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Makanan agar kuku cepat tumbuh

Untuk memiliki kuku yang sehat, kuat dan cepat panjang, ada sederet makanan yang dianjurkan masuk dalam diet harian. Apa saja?

1. Daging dan telur

Kuku terdiri dari protein keratin. Konsumsi pangan tinggi protein seperti daging merah dan telur dapat membantu kuku memperbaiki diri, tumbuh, dan mempertahankan kekuatannya.

2. Kacang-kacangan

Tak hanya protein hewani, protein nabati pun juga bermanfaat buat kesehatan kuku Anda.

“Quinoa dan kacang-kacangan juga merupakan pilihan yang bagus untuk mendapatkan protein dalam makanan Anda,” kata Dave Crisalli, pendiri dan CEO Prose Nail Boutique, mengutip dari Food Network.

Dia menyarankan untuk menambahkan biji rami yang kaya protein dan zat besi. Kekurangan zat besi bisa mengakibatkan kuku rapuh.

3. Air dan pangan tinggi kandungan air

Gracie J., penata kuku dan pendiri The Editorial Nail, menyebut bahwa hidrasi penting bagi kesehatan kuku. Minyak kutikula penting di bagian luar, sementara air penting di bagian dalam.

“Air membantu pengiriman nutrisi dan oksigen ke sel-sel,” kata Gracie, seperti dinukil dari laman Martha Stewart. Kekurangan cairan atau dehidrasi membuat kuku rapuh, kering, dan mudah patah.

Selain air, penuhi kebutuhan cairan dengan makanan tinggi kandungan air seperti buah-buahan, sayuran, dan sup.

4. Sayuran hijau




Ilustrasi SayuranIlustrasi. Sayuran hijau, salah satu rekomendasi makanan agar kuku cepat tumbuh dan kuat. (kkolosov/Pixabay)

Salah satu makanan agar kuku cepat panjang adalah sayuran hijau. Sayuran hijau tinggi kandungan kalsium, zat besi, dan antioksidan.

Sebaiknya, masukkan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, sawi dalam diet harian. Sayuran tak perlu dimasak terlalu lama atau dikonsumsi sebagai lalapan agar kandungan gizinya tidak banyak hilang.

5. Sayuran oranye dan kuning

Sayuran yang tak boleh ketinggalan adalah sayuran berwarna oranye dan kuning. Warna oranye-kuning ini diperoleh dari kandungan beta karoten.

“Beta-karoten merupakan bahan penting untuk pertumbuhan kuku,” kata Crisalli.

Wortel, labu kuning, dan ubi jalar kaya kandungan beta karoten.

6. Lemak sehat

Lemak diperlukan untuk kesehatan kuku, terutama lemak sehat. Lemak sehat dapat diperoleh dari alpukat, minyak zaitun, atau konsumsi suplemen makanan.

7. Sup kaldu tulang

Dalam semangkuk sup, Anda bisa mendapatkan aneka nutrisi dalam sekali makan. Sebaiknya, pilih kaldu tulang untuk membuat sup agar kuku cepat panjang.

Kaldu tulang kaya akan kolagen alami yang berkontribusi pada kuku kuat dan sehat.

Demikian beberapa makanan yang dapat mempercepat pertumbuhan kuku.

(els/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *