8 Hari Menuju Pilpres AS 2024, Biden ‘Nyoblos’ Duluan Hari Ini




Jakarta, Indonesia

Presiden Amerika Serikat Joe Biden bakal memberikan hak pilihnya dalam pemilihan presiden atau Pilpres AS 2024 lebih dulu pada Senin (28/10).

Kabar itu disampaikan oleh Gedung Putih pada Minggu (27/10), seperti dilaporkan Reuters.

Biden akan memilih duluan kandidat yang dijagokannya dalam pilpres kali ini bersama dengan jutaan masyarakat lainnya dari sejumlah negara bagian. Mayoritas masyarakat AS sendiri baru akan melakukan pemungutan suara pada 5 November mendatang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Diberitakan CBS News, lebih dari 32 juta warga Amerika Serikat telah melakukan pemungutan suara lebih awal untuk pilpres AS. Kebanyakan melakukan voting melalui email.

Menurut data dari 25 negara bagian, Partai Demokrat mengungguli Partai Republik dalam pemungutan suara yang dilakukan lebih awal ini.

Sekitar 452 ribu pendukung Partai Republik telah melakukan pemungutan suara secara langsung sejauh ini. Jumlah ini beda jauh dengan pendukung Partai Demokrat yang sudah mengirimkan 1,3 juta surat suaranya.

Jumlah pemilih yang telah memberikan suara sebelum 5 November sendiri tercatat telah mencetak rekor di setidaknya dua negara bagian ‘medan pertempuran’, yakni North Carolina dan Georgia.

Di Georgia, yang wilayahnya dimenangkan oleh Presiden Biden pada tahun 2020, telah mencatat lebih dari 25 persen warga yang sudah memberikan suara mereka.

Sementara di North Carolina, lebih dari 353 ribu warga telah melakukan pemungutan suara pada 17 Oktober lalu. North Carolina adalah wilayah yang bagian baratnya porak poranda akibat Badai Helene.

Kedua negara bagian ini telah mengamankan lebih dari dua juta suara hingga 23 Oktober lalu. Pemungutan suara awal di Georgia berlangsung hingga 1 November. Di North Carolina, pemungutan suara awal secara langsung digelar hingga 2 November.

(blq/rds/bac)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *