8 Tips Agar Bertemu Keluarga Pasangan Tak Jadi Bencana



Jakarta, Indonesia —

Anda mungkin menjalin hubungan dengan kekasih dalam waktu yang cukup lama dan tengah bersiap melangkah ke jenjang yang lebih serius. Pada tahap ini, Anda pun tak bisa menghindari kegugupan untuk pertemuan pertama dengan orang tua pasangan.

Tentu Anda ingin meninggalkan kesan baik dan manis pada pertemuan pertama. Lalu, bagaimana cara agar tak berujung bencana?

Psikolog klinis dan pelatih kinerja, Joshua Klapow mengatakan interaksi pertama dapat mengungkapkan banyak hal tentang hubungan.

Jika Anda bertemu keluarga pasangan untuk pertama kalinya, ini menjadi pintu utama melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius.

“Jangan masuk ke dalam tanpa persiapan apapun, jangan berasumsi apa-apa, dan persiapkan sebanyak yang Anda bisa sebelumnya,” kata Klapow, seperti dikutip Bustle.

Berikut tips bertemu keluarga pasangan untuk pertama kali sebelum membawa hubungan ke jenjang yang lebih serius,

1. Persiapkan diri bersama pasangan

Mempersiapkan diri adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebelum bertemu keluarga pasangan. Klapow menyarankan, sebelum pergi, duduklah bersama pasangan dan melakukan percakapan yang bermakna, membicarakan keluarganya lebih mendalam.

“Bukan hanya topik yang harus Anda selami atau hindari, tetapi siapa mereka, seperti apa hubungan mereka dengan pasangan Anda, hubungan pasangan Anda dengan mereka, kisah mereka, dan di mana posisi mereka sekarang,” kata Klapow.

2. Bawakan sesuatu

Bawalah hadiah atau bingkisan kecil sebagai bentuk penghargaan atau keramahan kepada keluarganya. Anda bisa membawa bunga atau makanan kesukaannya.

Jika ragu, bertanyalah pada pasangan tentang hobi atau makanan kesukaan keluarganya. Ini bisa memberi kesan pertama yang baik.

3. Tawarkan bantuan

Entah itu sesuatu yang sederhana seperti menata meja, memotong sayuran, atau mencuci piring, menawarkan bantuan saat pertemuan di rumah pasangan Anda bisa memberi kesan yang baik. Meski gugup, upayakan tidak hanya duduk diam tanpa melakukan apapun.

4. Bahas sesuatu yang ringan

Jika percakapan masuk ke hal yang sangat serius, seperti permasalahan negara atau perseteruan politik, Anda mungkin tak bisa menghindarinya. Namun berusahalah tetap netral dan jadi pendengar yang baik.

Jangan sekali-kali Anda yang justru mencoba membuka percakapan dengan topik yang cukup berat.

5. Hormati tradisi keluarga

Segala hal bisa terjadi, termasuk bisa saja keluarga pasangan Anda adalah orang yang sangat tradisional dan menganut adat istiadat tertentu.

Hormati tradisi dan adat yang mereka junjung. Memahami tradisi keluarga pasangan justru bisa jadi cara lain untuk mengenal mereka lebih jauh.

6. Gunakan pakaian yang nyaman

Pilih pakaian yang nyaman dan sopan. Menurut Popsugar, pakaian yang dikenakan bisa menunjukkan kepribadian Anda di mata keluarga pasangan.

7. Makan sebelum pergi

Isi perut dan makan sebelum pergi. Perut kosong dan lapar bakal menimbulkan perasaan tak nyaman. Kondisi ini pun bisa membuat Anda lebih gugup dan tak bisa berpikir jernis.

8. Jadilah diri sendiri

Mungkin Anda ingin terlihat sempurna di hadapan keluarga pasangan. Tapi menjadi diri sendiri adalah kunci terbaik yang bisa ditunjukan. Anda tidak perlu berlebihan, jadilah dirimu yang sebenarnya.

(tst/agn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *