10 Top Skor Sepanjang Masa Piala AFF, Termasuk Kurniawan dan Bepe


Jakarta, Indonesia —

Sebanyak 10 pemain menghiasi daftar top skor sepanjang masa Piala AFF. Dua di antaranya adalah striker legendaris Timnas Indonesia.

Mantan penyerang Timnas Singapura, Noh Alam Shah, menjadi pemain pengoleksi gol terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan turnamen dwitahunan tersebut.

Sepanjang aktif membela Singapura di Piala AFF, Noh Alam Shah sudah mengoleksi 17 gol. Torehan gol tersebut hingga saat ini belum mampu dipecahkan pemain lain.

Ada tiga pemain yang yang berhasil mendekati pencapaian Noh Alam Shah. Mereka adalah Teerasil Dangda, Worawoot Srimaka (Thailand), dan Lee Chong Vinh (Vietnam). Ketiganya sama-sama mengemas 15 gol.

Di urutan selanjutnya ada mantan striker Vietnam Le Huynh Duc. Sepanjang ksriernya di Piala AFF, Huynh Duc sudah mencetak 14 gol.

Di bawah Huynh Duch ada Kurniawan Dwi Yulianto dan Bambang Pamungkas. Kurniawan berhasil mengukir 13 gol atau satu gol lebih banyak yang dilesakkan Bambang Pamungkas.

Mantan pemain Thailand, Kiatisuk Senamuang, punya koleksi gol yang sama dengan Bambang Pamungkas, yakni 12 gol. Sementara Agu Casmir berada di bawah mereka dengan 11 gol.




Banner Testimoni

Khairul Amri dan Adisak Kraison jadi dua pemain terakhir yang menggenapi 10 daftar pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah turnamen sepak bola antarnegara ASEAN itu.

Dari 10 nama di atas, hanya Adisak yang masih aktif bermain. Striker asal Thailand itu berpeluang untuk memecahkan rekor gol sepanjang masa Piala AFF yang selama ini dipegang Noh Alam Shah.

Daftar Top Skor Sepanjang Masa Piala AFF:

17 Gol: Noh Alam Shah (Singapura)

15 Gol: Teerasil Dangda, Worrawoot Srimaka (Thailand), Le Cong Vinh (Vietnam)

14 Gol: Le Huyn Duc (Vietnam)

13 Gol: Kurniawan Dwi Yulianto (Indonesia)

12 Gol: Bambang Pamungkas (Indonesia), Kiatisuk Senamuang (Thailand)

11 Gol: Agu Casmir (Singapura)

10 Gol: Khairul Amri (Singapura), Adisak Kraisorn (Thailand).

[Gambas:Video ]

(jun/nva)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *