International Youth Championship 2021 Resmi Ditunda



Jakarta, Indonesia —

Pelaksanaan International Youth Championship 2021 yang semula akan digelar 4-11 Desember resmi ditunda guna mengantisipasi penyebaran varian baru Covid-19 Omicron.

Dengan penundaan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Bali maka sejumlah tim raksasa Eropa kategori junior usia 18 tahun gagal merumput di Jakarta Internasional Stadium (JIS). Empat tim yang semula diundang dalam kompetisi tersebut yakni, Indonesia All Star U-20, Real Madrid U-18, Barcelona U-18, dan Atletico Madrid U-18.

“Kami telah menyampaikan kepada Pancoran Soccer Field [panitia] untuk menangguhkan seluruh rangkaian pelaksanaan turnamen IYC 2021 yang sedianya dilaksanakan pada 4-11 Desember 2021,” kata Anies dalam jumpa pers daring, Jumat (3/12) malam.

Anies mengatakan, keputusan menunda pelaksanaan IYC 2021 sesuai kebijakan pemerintah pusat guna mengantisipasi penyebaran varian baru Covid-19 Omicron.

Lewat kebijakan tersebut, pemerintah kata Anies, tengah memperketat perbatasan dan kedatangan warga negara asing. Upaya itu dilakukan untuk mencegah kebocoran yang berpotensi pada penyebaran Omicron.

“Memang benar lebih baik mencegah kebocoran sekecil apapun, sejak awal sehingga kita bisa memastikan bahwa kondisi pandemi khususnya terkait Omicron lebih terkendali,” katanya.

Selain menunda pelaksanaan IYC, Anies mengatakan pihaknya sekaligus menunda soft launching atau pra peresmian JIS yang semula akan menjadi lokasi pertandingan.

“Termasuk di dalamnya adalah penangguhan soft launching JIS, sampai dengan situasi pandemi dan penyebaran virus varian Omicron telah lebih terkendali dan lebih dapat diprediksi,” kata dia.

Selain menjadi ajang kompetisi internasional, Anies sebelumnya menyebut IYC 2021 sebagai salah satu sport tourism yang diharapkan menarik industri pariwisata di Jakarta dan Bali. Hal ini merupakan salah satu bentuk untuk menyelamatkan ekonomi daerah yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

[Gambas:Video ]

(thr/jal)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *