Indonesia Presidensi G20, Jokowi Analogikan Bung Karno saat KAA



Jakarta, Indonesia —

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut perjuangan Indonesia dalam menjalani Presidensi G20 mirip dengan perjuangan proklamator RI, Sukarno atau Bung Karno, saat membawa Indonesia memimpin dalam Konferensi Asia Afrika (KAA).

Jokowi mengatakan Bung Karno memperjuangkan nasib negara-negara di dunia yang masih terjajah kala itu untuk memperoleh kemerdekaan. Sementara itu, Indonesia akan memperjuangkan nasib negara-negara berkembang lewat kepemimpinan di G20.

“Perjuangan ini seperti perjuangan Bung Karno dalam memimpin negara-negara Asia Afrika. Sekarang ini kita memimpin negara-negara terkaya dunia untuk membangun dunia yang lebih baik, yang lebih berkeadilan bagi kita semua,” kata Jokowi dalam pembukaan Kongres IV Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/12).

Jokowi tidak ingin Indonesia melewatkan kesempatan baik ini. Dia mau Presidensi Indonesia di G20 berdampak positif bagi seluruh masyarakat dunia.

Mantan Gubernur DKI Wali Kota Solo itu ingin dunia tahu bahwa Indonesia bisa memimpin. Ia akan menunjukkan kemampuan terbaik Indonesia saat mengetuai negara-negara maju di G20.

“Ini sebagai momentum untuk menunjukkan kepemimpinan Indonesia di dunia internasional, kepemimpinan Indonesia untuk mewarnai arah dunia, dan kepemimpinan Indonesia untuk memperjuangkan kepentingan negara-negara berkembang,” ujar Jokowi.

Sebagai informasi, Indonesia diberi kepercayaan memegang Presidensi G20 untuk tahun 2022. Indonesia jadi negara berkembang pertama yang menduduki posisi tersebut.

Untuk setahun ke depan, Indonesia bakal menjadi tuan rumah ratusan pertemuan G20. Provinsi Bali ditunjuk sebagai lokasi utama G20 2022. Keketuaan Indonesia di G20 akan diakhiri dengan Konferensi Tingkat Tinggi G20 akhir tahun depan.

(dhf/kid)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *