PPKM Nataru Batal, Vaksinasi Melorot Lagi



Jakarta, Indonesia —

Pemerintah memutuskan untuk membatalkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat libur Natal dan tahun baru 2022 (Nataru). Kebijakan itu kemudian menimbulkan kritik dari sejumlah pakar kesehatan dan kebijakan publik.

Sementara itu, jumlah capaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia masih belum merata di Indonesia. Bahkan belasan provinsi tidak mencapai target Kementerian Kesehatan di November lalu. Indonesia pun kemudian didapuk sebagai peringkat kedua terbawah oleh salah satu media luar terkait penanganan pandemi Covid-19 selama ini.

Indonesia.com merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir, sebagaimana berikut.

PPKM Level 3 Saat Nataru Batal Berlaku

Pemerintah batal menerapkan PPKM level 3 di seluruh wilayah Indonesia pada musim libur Nataru. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan keputusan itu diambil karena Indonesia sudah lebih siap menghadapi musim libur akhir tahun. Hal itu tercermin dari jumlah tes dan telusur yang lebih tinggi dari tahun lalu.

“Pemerintah memutuskan untuk tidak akan menerapkan PPKM level3 pada periode Nataru pada semua wilayah. Penerapan level PPKM selama Nataru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini, tetapi dengan beberapa pengetatan,” kata Luhut dalam keterangan tertulis di situs Kemenko Marves, Selasa (7/12).

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra menilai langkah pemerintah dalam membatalkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 saat Natal dan Tahun baru 2022 (Nataru) di Indonesia merupakan sebuah kemunduran. Pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti Trubus Rahardiansyah menilai sikap ini tak lain menunjukkan bahwa pemerintah gamang menghadapi Nataru.

DKI Tetap Level 3 Saat Nataru

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1430 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3 Covid-19. Kepgub tersebut menetapkan Jakarta bakal menerapkan PPKM Level 3 selama libur Nataru. Aturan ini ditandatangani Anies pada 2 Desember lalu.

“Menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 Covid selama 10 hari terhitung sejak tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022,” demikian dikutip dari Kepgub, Selasa (7/12).

Ketahanan Covid-19 Jadi Peringkat Dua Terbawah Versi Media Luar

Ketahanan Covid-19 Indonesia berada di peringkat kedua terendah dari 53 negara yang diteliti, berdasarkan survei dari Bloomberg. Peringkat terakhir ditempati Filipina, sementara Malaysia berada posisi ke-50, disusul Vietnam di peringkat 51.

Sementara itu, Singapura berada di peringkat 37, jauh lebih tinggi dari RI. Thailand juga termasuk dalam negara Asia Tenggara yang memiliki peringkat cukup baik, yakni di 47.

Data tersebut disusun menggunakan 12 indikator. Beberapa di antaranya yakni penahanan virus, kualitas perawatan kesehatan, cakupan vaksinasi, kematian secara keseluruhan, dan perkembangan untuk memulai kembali perjalanan.

Bloomberg melaporkan, Indonesia dan Filipina masih mengalami kekurangan skor vaksinasi. Kedua negara ini hanya memberikan kurang dari 100 suntikan vaksin per 100 orang, yang kemudian menjadi penghalang utama skor mereka.

Klik untuk selanjutnya, gaduh buta karena vaksin…


Kebutaan Pria di Malang Disebut Bukan Karena Vaksinasi


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *