5 Makanan Manis untuk Diabetes yang Masih Aman Dikonsumsi


Jakarta, Indonesia —

Bagi penderita diabetes, makanan manis seringkali dianggap ‘haram’ karena menjadi penyebab kadar gula darah naik. Padahal, ada makanan manis untuk diabetes yang masih dapat dikonsumsi. Apa saja?

Penderita diabetes memang dianjurkan selektif memilih makanan untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Namun jika penderita diabetes ingin mencicip makanan manis, kuncinya ada pada pengendalian diri.

Lara Rondinelli-Hamilton, penyuluh diabetes di DuPage Medical Center di Chicago, menyarankan bila menginginkan mengonsumsi sepotong kue manis sebagai makanan penutup, maka coba hindari makanan dengan dengan kandungan pati tinggi sebagai menu utama.

“Makanan penutup dan manisan lainnya tidak memiliki nutrisi yang terlalu penting seperti pada makanan lainnya, jadi baiknya dikonsumsi tidak terlalu sering,” katanya, seperti dikutip WebMD.

Selain membatasi frekuensi makanan manis yang dikonsumsi, berikut sejumlah makanan manis untuk diabetes yang masih aman dikonsumsi, seperti dikutip Healthline.

1. Dark chocolate

Jika dinikmati dalam jumlah sedang, dark chocolate bisa menjadi cara yang sehat dan lezat untuk memuaskan rasa manis penderita diabetes.

Makanan ini sangat kaya akan flavonoid, sejenis senyawa tanaman yang dapat membantu mencegah resistensi insulin dan melindungi terhadap masalah jantung bagi penderita diabetes tipe 2.

Plus, lebih rendah gula, karbohidrat, dan kalori daripada cokelat susu, dengan hanya 13 gram karbohidrat dalam setiap porsi 1 ons (28 gram).

Untuk hasil terbaik, carilah dark chocolate dengan kandungan kakao minimal 70 persen, dan pertahankan sekitar 1 ons (28 gram) setiap kali mengonsumsinya.

2. Pir

Pir adalah sumber serat yang bagus, memiliki lebih dari 4 gram serat, dengan 21,3 gram karbohidrat, dalam setiap buah berukuran 140 gram.

Serat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, yang dapat menstabilkan kadar gula darah setelah makan.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi pir segar juga bisa menjadi strategi yang efektif untuk membantu meningkatkan kontrol gula darah bagi penderita diabetes.

Pir dapat dinikmati apa adanya atau dipotong menjadi irisan tipis seperti keripik dan dipanggang agar lebih renyah sebagai makanan manis untuk diabetes.

3. Apel




Ilustrasi ApelIlustrasi Apel. (Diolah dari thinkstock)

Apel serbaguna, lezat, dan bergizi, dengan 28 gram karbohidrat dan 5 gram serat dalam satu apel ukuran sedang.

Apel juga memiliki indeks glikemik rendah, yang merupakan ukuran seberapa besar makanan tertentu mempengaruhi kadar gula darah.

Terlebih lagi, satu penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi apel sebelum makan nasi membantu menurunkan kadar gula darah, dibandingkan dengan makan nasi saja.

Cobalah mengiris apel dan menambahkan sedikit kayu manis untuk camilan mudah saat bepergian, atau padukan dengan selai kacang untuk meningkatkan asupan protein dan lemak sehat Anda.

4. Anggur

Seperti jenis buah lainnya, anggur bisa menjadi makanan sehat berserat tinggi untuk penderita diabetes. Faktanya, setiap porsi 1/2 cangkir (75 gram) mengandung sekitar 1 gram serat dan 14 gram karbohidrat.

Anggur merah juga sarat dengan antioksidan dan polifenol, yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan melindungi dari komplikasi kesehatan yang berhubungan dengan diabetes.

Untuk camilan manis dan menyegarkan, coba nikmati anggur segar atau bekukan semalaman.

5. Greek Yoghurt

Dengan 20 gram protein dalam setiap porsi 7 ons (200 gram), greek yoghurt bisa menjadi pilihan camilan yang baik untuk penderita diabetes.

Makanan ini meningkatkan asupan protein Anda dapat membantu mendukung pengendalian nafsu makan dan mengurangi keinginan makan.

Menariknya, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa suplementasi harian dengan yoghurt yang diperkaya dengan vitamin D dan probiotik dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Sebagai pilihan terbaik, ambil greek yoghurt dengan rasa plain atau tawar lalu menambah rasa manisnya dengan buah-buahan seperti blueberry, stroberi, anggur, serta bersama dengan taburan bubuk kayu manis.

(agn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *