Yuni ke Oscar 2022, Kamila Andini Tak Ingin Terbebani



Jakarta, Indonesia —

Sutradara dan penulis skenario film Yuni, Kamila Andini tak ingin terbebani harapan bahwa filmnya bisa menembus nominasi setelah menjadi perwakilan Indonesia ke Oscar 2022.

Kamila hanya berharap bahwa cerita dalam film Yuni yang mengangkat permasalahan di sekitar pernikahan dini bisa didengar seluas-luasnya.

“Ya harapannya ingin sekali bisa masuk nominasi, tapi saya tidak mau terbebani dengan harapan-harapan itu,” kata Kamila Andini kala ditemui Indonesia.com beberapa waktu lalu.

“Yang penting melakukan setiap step-nya, semuanya dengan baik, sejujur mungkin, seterbuka mungkin jadi ya semoga dikasih jalannya.”

Kamila Andini justru berharap film Yuni bisa menjadi sarana untuk menyuarakan persoalan-persoalan tentang hak-hak perempuan di Indonesia. Sutradara kelahiran 1986 ini bahkan memandang permasalahan yang dibawa Yuni adalah persoalan dunia.

“Saya ingin Yuni ada di panggung-panggung [besar], sehingga kultur kita, budaya kita bisa diakui, [karena] problem kita ya problem dunia juga,” kata Kamila Andini.

Yuni merupakan film terbaru dari Kamila Andini yang bercerita tentang kisah remaja bernama Yuni (Arawinda Kirana) dan remaja-remaja sebuah desa di Serang, yang dituntut menikah ketika masih bersekolah.

Mereka dipaksa menikah dengan banyak alasan mulai dari mencegah hamil diluar nikah yang dianggap membawa aib keluarga, hingga faktor ekonomi.

Film hasil kolaborasi Fourcolours Films dan Starvision ini sebelumnya ditunjuk mewakili Indonesia di ajang penghargaan Oscar 2022. Yuni mewakili Indonesia untuk kategori Best International Feature Film dalam ajang penghargaan Academy Awards ke-94 atau Piala Oscar 2022.

“Menetapkan film berjudul Yuni, produksi Fourcolours Film dan StarVision, sebagai film yang berhak mewakili Indonesia dalam ajang 94th Academy Awards,” kata Ketua Panitia Seleksi Hanung Bramantyo, Jumat (15/10), sebagaimana dilansir detikcom.

Komite Seleksi Oscar Indonesia memilih Yuni karena dinilai memenuhi syarat yang ditetapkan Academy Awards. Terlebih lagi, film itu berhasil memenangkan penghargaan Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021.

Setelah tampil di berbagai festival film internasional, Yuni kini bisa disaksikan di bioskop Indonesia mulai 9 Desember 2021.

[Gambas:Youtube]

(nly/end)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *