Korsel Bersiap Bangun Kota Terapung Tahan Banjir di Busan



Jakarta, Indonesia —

Busan akan membangun ‘kota terapung’ tahan banjir sebagai solusi naiknya permukaan laut pada 2022. Proyek bernama Oceanix itu hasil kolaborasi sejumlah desainer, arsitek dan insinyur.

Sejak diluncurkan pada 2019, penyelenggara telah mencari tempat membangun prototipe untuk ‘kota terapung’ tahan banjir di kawasan Korea Selatan tersebut.

Salah satu pendiri Oceanix, Itai Madamombe, mengatakan lingkungan prototipe pertama di Busan diperkirakan selesai pada 2025. Proyek tersebut, kata Itai, saat ini tengah dibicarakan bersama pihak pemerintah lain soal penerapan teknologi yang akan dikembangkan.

Walikota Busan Park Heong-joon menyambut baik kesepakatan tersebut.

“Dengan perubahan kompleks yang dihadapi kota-kota pesisir, kami membutuhkan visi baru di mana manusia, alam, dan teknologi dapat hidup berdampingan,” tutur Heong-joon seperti dikutip  pada Minggu (11/12).

November lalu, kelompok pemegang proyek menandatangani perjanjian dengan Busan dan Badan Pembangunan Perkotaan PBB (UN Habitat) untuk menjadi tuan rumah lokasi kota terapung pertama di lepas pantai Korea Selatan.

Sementara itu, Direktur UN-Habitat, Maimunah Mohd Sharif, menggambarkan Busan sebagai lokasi ideal untuk menjadi prototipe.

“Kota terapung yang berkelanjutan adalah bagian dari gudang strategi adaptasi iklim yang tersedia bagi kita,” katanya dalam pernyataan resmi.

“Daripada ‘berkelahi’ dengan air, mari kita belajar hidup selaras dengannya.”

Lanjut ke sebelah…

Korsel Bersiap Bangun Kota Terapung Tahan Banjir di Busan


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *