Cara Hapus Aplikasi Bandel yang Bikin Penuh Memori Android



Jakarta, Indonesia —

HP Android yang digunakan dalam jangka panjang kerap melambat akibat memori yang berkurang akibat penumpukan aplikasi. Untuk mengembalikan performa, aplikasi-aplikasi ini bisa dihapus dengan sejumlah cara.

Menghapus aplikasi-aplikasi secara bisa menjadi solusi bagi pengguna yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih luas.

Memori yang penuh pada perangkat Android dapat mengganggu sejumlah fungsi yang ada pada perangkat tersebut mulai dari performa melambat, aplikasi crash, borosnya konsumsi daya, hingga tidak ada tempat untuk menyimpan file-file baru seperti foto dan video.

Sehingga menghapus sejumlah aplikasi pada perangkat bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah ini.

Aplikasi Android yang bisa menjadi pilihan untuk dihapus di antaranya adalah aplikasi bawaan atau bloatware, aplikasi-aplikasi yang jarang dipakai, hingga game.

Cara hapus aplikasi bikin penuh memori HP

Pengguna bisa menghapus aplikasi yang tidak dipakai melalui laman Pengaturan>Apps. Pada bagian pengaturan tersebut pengguna dapat memilih aplikasi yang tidak terpakai dan game ingin dihapus.

Pada bagian pengaturan tersebut juga terdapat informasi mengenai konsumsi memori dari masing-masing aplikasi dan game, sehingga pengguna dapat mempertimbangkan mana aplikasi yang paling ‘memakan’ memori dan ingin dihapus.

Cara cek aplikasi yang bikin habis memori

Pengguna perlu melakukan pengecekan berkala pada daftar aplikasi agar selalu mengetahui jumlah memori yang dikonsumsi setiap aplikasi, dan juga memantau aplikasi yang sekiranya sudah jarang digunakan.

Pengecekan tersebut dapat dilakukan dengan membuka bagian Pengaturan>Device Care>Storage.

Dalam bagian tersebut terdapat informasi konsumsi memori dari masing-masing bagian mulai dari aplikasi, foto, video, dokumen, hingga sistem.

[Gambas:Video ]

Pada bagian tersebut terdapat juga daftar Aplikasi yang jarang digunakan, file yang memiliki duplikat, dan daftar file berukuran besar.

Lebih lanjut dalam membersihkan memori, pengguna dapat membersihkan aplikasi fungsional yang masih sering digunakan dengan melakukan Clear Cache. Cara ini dapat memperkecil ukuran konsumsi memori dari aplikasi tersebut.

Pada bagian pengaturan yang sama, pengguna hanya perlu memilih aplikasi yang ingin dibersihkan, lalu pilih Clear Cache yang ada di bagian bawah.


Cara Hapus Aplikasi Bawaan Bandel Bikin Penuh Memori


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *