Alami Gangguan, Lion Air Tujuan Batam Terpaksa Putar Balik ke Padang



Jakarta, Indonesia —

Lion Air dengan nomor penerbangan JT-145 dengan rute Bandar Udara internasional Minangkabau-Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam mengalami gangguan pada Senin (13/12) siang.

Berdasarkan keterangan resmi yang disampaikan Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan itu terlihat ketika salah satu indikator pada kokpit menunjukkan pengatur tekanan udar dalam kabin pesawat mengeluarkan indikasi gangguan setelah 15 menit mengudara.

Karena masalah tersebut,Danang mengatakan pilot memutuskan untuk membawa pesawat yang terbang pada 13.53 WIB kembali ke bandar udara asal (return to base/ RTBO) ke Bandar Udara Internasional Minangkabau.

Pesawat berhasil mendarat dengan selamat pada 14.40 WIB. Ia menyatakan kondisi awak pesawat dan penumpang dalam keadaan selamat.

“Untuk segera dilakukan pengecekan. Keputusan pilot sudah tepat, guna memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, masker oksigen diturunkan untuk dipergunakan oleh penumpang,” katanya dalam pernyataan resmi, Senin (13/12).

Ia mengatakan sebenarnya sebelum terbang, pihaknya sudah mempersiapkan semua proses sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Sebelum keberangkatan, awak pesawat yang membawa 7 awak dan 196 penumpang itu sudah diperiksa oleh teknisi dan dinyatakan layak serta aman dioperasikan (airworthy for flight).

Proses keberangkatan juga sudah dijalankan sesuai SOP. 

(agt)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *