13 Fitur Tersembunyi Whatsapp, Rahasia yang Jarang Diketahui



Jakarta, Indonesia —

WhatsApp memiliki beragam fitur tersembunyi yang menarik dan rahasia ini belum banyak diketahui orang.

Fitur-fitur tersembunyi ini bisa memberikan berbagai bermanfaat bagi pengguna. Banyak fitur atau ‘tombol’ yang menarik bagi penggunanya untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi pesan singkat yang dinaungi Facebook ini.

Mulai dari memberikan efek tertentu pada teks, fitur untuk mengamankan Whatsapp, dan berbagai fitur lain untuk membuat Whatsapp pengguna berbeda.

10 Fitur tersembunyi WhatsApp

1. Setel nada dering yang berbeda

Pengguna WhatsApp bisa menyetel nada dering atau notifikasi yang berbeda untuk setiap pesan yang masuk. Maksud dari pengaturan ini memudahkan pengguna untuk mengetahui siapa yang mengirim pesan tanpa melihat layar ponsel.

Bagi pengguna WhatsApp di HP Android bisa memilih obrolan atau kontak teman yang diinginkan > pilih custom notification (pemberitahuan khusus), beri centang pada kotak > kemudian selesaikan pengaturannya.

Sedangkan bagi pengguna WhatsApp pada iPhone bisa membuka nama kontak saat membuka chat > pilih Nada Khusus.

2. Ganti font

Menyematkan emotikon saat berinteraksi lewat chat membuat pesan lebih menarik, tapi ada hal lain yang bisa membuat WhatsApp lebih menarik.

Salah satunya dengan mengubah font, fitur ini bisa memberi penekanan lain pada pesan tulis dengan huruf tebal, miring, dan coret.

Caranya mengubah font pada chat sebagai berikut:

Tulisan tebal: menggunakan tanda bintang (*)

Tulisan miring : menggunakan tanda garis bawah (_)

Tulisan dengan coretan: menggunakan tanda tilde (~)

Tanda-tanda tersebut bisa Anda bubuhkan sebelum dan sesudah kata atau frasa yang ingin dikirim.

3. Starred Message

Anda bisa memanfaatkan fitur pesan berbintang atau starred message untuk mencari pesan lama yang sudah terbenam dengan chat baru.

Caranya, pengguna bisa menekan bar chat yang ingin ditandai kemudian pilih opsi tanda bintang di bagian atas layar lalu tekan simbol tersebut.

Selain dengan fitur ini, pengguna bisa menyimpan pesan tertentu agar tidak ikut terhapus ketika sedang membersihkan pesan yang ada di kolom chat. Sebab, Whatsapp menyediakan pilihan untuk menghapus semua chat kecuali pesan yang sudah dibintangi.

4. Pinned Messege

Ini adalah fitur untuk membuat pesan yang diinginkan tetap berada di baris paling atas. Misal, ada satu kontak penting yang ingin tetap Anda pantau tanpa harus repot menggulung layar ke bawah karena chat itu telah tenggelam oleh chat-chat baru yang masuk berikutnya.

Cara aktifkan: Klik dan tahan chat yang ingin di pin hingga muncul opsi di bagian atas, pilih tombol pin. Lalu pesan sudah ter-pin sehingga akan tetap bertahan di bagian atas chat. 

5. Menyembunyikan centang biru

Centang biru pada WhatsApp bisa menandakan penerima pesan sudah membuka dan membaca pesan pengirim. Namun, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menyembunyikan centang biru dengan alasan privasi.

Anda bisa menonaktifkan centang biru dengan membuka Pengaturan > Akun > Privasi > Untick Read Receipts.

6. Mute Notification

Fitur ini sangat cocok bagi Anda yang tak ingin terganggu dengan dentingan notifikasi dari grup WhatsApp yang terus aktif. Pengguna tak harus keluar dari grup chat namun merasa tidak terganggu.

WhatsApp memberikan 3 pilihan waktu untuk membisukan group chat, yakni 8 jam, seminggu dan selamanya. Caranya, bisa tekan tahan grup yang ingin dibisukan notifikasinya > pilih simbol mute (audio coret) pada bagian atas > dan pilih waktunya.

[Gambas:Video ]


Fitur Tersembunyi Whatsapp yang Jarang Diketahui


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *