5 Hal Mengejutkan yang Merusak Otak


Jakarta, Indonesia —

Otak adalah organ vital yang mengatur fungsi tubuh. Kerusakan pada otak dapat mengganggu fungsi tubuh. Selain itu, otak yang rusak juga memicu munculnya sejumlah penyakit, salah satunya demensia.

Terdapat sejumlah hal yang tanpa disadari merusak otak. Hindari melakukan hal ini atau malah menjadikannya kebiasaan karena dapat mempercepat kerusakan otak.

Berikut 5 hal mengejutkan yang merusak otak:

1. Kesepian




Ilustrasi isolasi mandiriKesepian merupakan salah satu hal yang merusak otak. (Foto: iStock/tommaso79)

Jangan biarkan kesepian menggerogoti tubuh. Kesepian menciptakan stres yang dapat merusak sel-sel otak. Studi menunjukkan kesepian meningkatkan risiko seseorang hingga 50 persen mengalami demensia.

2. Kurang tidur

Selama tidur, otak meregenerasi sel. Sel-sel yang rusak akan diganti dengan yang baru.

Namun, saat kurang tidur, sel otak tak bisa memperbaiki diri sendiri. Sebaliknya, otak akan rusak semakin parah. Lama kelamaan fungsi otak akan menurun.

3. Tidak olahraga

Olahraga tak hanya bermanfaat untuk kebugaran fisik, tapi juga otak. Saat tubuh tidak berolahraga, otak dapat mengalami kerusakan.

Dikutip dari Eat This, olahraga dapat meningkatkan fungsi otak. Berjalan santai 30-60 menit, 3-5 kali seminggu dapat meningkatkan fungsi otak.

4. Kurang nutrisi

Makanan juga mempengaruhi kesehatan otak. Makan-makanan yang tidak bergizi seperti makanan cepat saja dapat meningkatkan inflamasi di otak.

Sebaiknya, konsumsi makanan kaya antioksidan yang dapat melindungi otak dari kerusakan. Konsumsi banyak buah dan sayur yang kaya vitamin dan antioksidan.

5. Tidak memiliki tujuan

Coba tanyakan kembali pada diri Anda, tujuan apa yang Anda punya? Studi menunjukkan orang yang tidakk memiliki tujuan hidup 2,4 kali lebih mungkin mengalami Alzheimer. Memiliki tujuan membuat otak tetap aktif dan terhindar dari kerusakan.

Itulah 5 hal mengejutkan yang merusak otak.

(ptj)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *