Selisih Paham Kandungan Lokal Xenia di Atas 80 Persen



Jakarta, Indonesia —

Astra Daihatsu Motor (ADM) menekankan kandungan lokal produk dalam negeri Xenia saat ini lebih dari 80 persen. Hal ini diungkap untuk menanggapi catatan kandungan lokal Xenia oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang disebut 79,2 persen.

Kandungan lokal Xenia di atas 80 persen menjadi penting lantaran Kemenperin sedang mengusulkan diskon Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM), yang diberlakukan hanya pada Maret-Desember 2021, menjadi permanen setidaknya mulai tahun depan.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan diskon PPnBM permanen hanya berlaku untuk mobil-mobil yang kandungan lokalnya 80 persen.

Apabila merunut pada informasi kandungan lokal yang ada di Keputusan Menperin Nomor 1737 Tahun 2021, ada 36 model penerima diskon PPnBM. Dalam aturan ini ditetapkan syarat menerima fasilitas ini mobil hanya perlu memiliki kandungan lokal minimal 60 persen.

Berdasarkan daftar 36 model berikut tingkat kandungan lokalnya di aturan itu terlihat hanya ada 11 model yang memenuhi syarat kandungan lokal di atas 80 persen untuk mendapatkan diskon PPnBM permanen.

Sementara itu ada 25 model yang kandungan lokalnya kurang dari 80 persen, ini termasuk Xenia (79,2 persen), Toyota Avanza (78,9 persen), Honda Brio RS (78 persen), dan Wuling Confero (70,5 persen).

Penjelasan Daihatsu

“Memang benar dari surat edaran yang keluar local content [Xenia] 79,2 persen yang mendapatkan relaksasi PPnBM,” kata Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra, Kamis (16/12).

Namun dia menjelaskan angka kandungan lokal Xenia itu adalah data yang diserahkan ADM sebagai Agen Pemegang Merek (APM) ke Kemenperin. Hal ini, kata dia, juga dilakukan semua APM yang ingin menerima relaksasi PPnBM.

“Angka itu keluar dari masing-masing APM, jadi semua diminta melaporkan, berapa sih local content dengan hitungan yang diberikan Kemenperin. Itu adalah pengakuan,” ucap Amelia.

Setelah itu, jelas Amelia, pengakuan kandungan lokal tersebut diaudit oleh lembaga independen. Kata dia ada dua yang melakukan hal ini, yakni Surveyor Indonesia dan Sucofindo.

Xenia diklaim lebih 80 persen

Menurut Amelia, berdasarkan hasil audit Surveyor Indonesia, kandungan lokal Xenia sudah di atas 80 persen.

“Kami sudah mendapatkan laporan hasil audit yang ditujukan kepada ADM untuk seluruh produksi ADM. Bisa saya katakan, baik Terios atau Xenia, semuanya sudah di atas 80 persen,” ungkap Amelia.

Meski demikian Amelia enggan membeberkan detail data hasil audit lantaran kata dia tidak berwenang melakukannya.

“Jangan lihat data yang beredar sekarang, lebih baik kita memakai data hasil audit. Saya tidak mau memberikan detail data karena bukan wewenang yang mengumumkan, karena itu harus dilakukan oleh audit independen,” ucap dia.

(fea)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *