Mercedes-Benz Actros Dipermak Usai 25 Tahun



Jakarta, Indonesia —

Pabrikan otomotif ternama asal Jerman, Mercedes-Benz memperkenalkan generasi baru truk premium Actros setelah 25 tahun penantian.

Truk premium yang sejak awal peluncurannya diberi nama Actros itu dibuat dengan mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari efisiensi bahan bakar, ketersediaan kendaraan, kenyamanan dan keamanan bagi pengemudi serta semua pengguna jalan lainnya merupakan faktor utama bagi Mercedes-Benz ketika memutuskan kendaraan terbaik untuk armada mereka.

Dua puluh lima tahun yang lalu, Mercedes-Benz memulai jalur baru dengan produksi Actros, armada yang dikhususkan untuk pengangkutan jarak jauh dan distribusi.

Generasi pertama, diluncurkan pada tahun 1996 untuk merayakan ulang tahun ke-100 truk yang ditemukan oleh Gottlieb Daimler pada tahun 1896 itu.

Keberadaan Actros sekaligus menandai dimulainya serangkaian model truk yang hingga hari ini menjadi ujung tombak segmen pasarnya. Faktanya, setiap generasi Actros telah memenangkan gelar ‘International Truck of The Year’ yang dianugerahkan oleh jurnalis kendaraan komersial dari seluruh Eropa, adalah bukti kesuksesan luar biasa dari model ini.

Sesuai dengan aturan, gelar tersebut diberikan setiap tahun kepada truk yang memberikan kontribusi terbesar terhadap inovasi transportasi jalan. Termasuk keuntungan dalam hal efisiensi, emisi, keselamatan, kemampuan berkendara dan kenyamanan kendaraan.

Dilansir Indian Autos Blog, era baru truk Mercedes-Benz kembali dimulai pada 2021 dengan produk yang disebut eActros. Truk listrik produksi seri pertama dirancang khusus untuk pengangkutan distribusi tugas berat diperkenalkan kepada publik dunia pada akhir Juni 2021.

Kali ini, Mercedes-Benz memasukkan teknologi berupa unit penggerak dengan dua motor listrik terintegrasi bersama dengan transmisi dua kecepatan. Kedua motor memberikan kenyamanan berkendara yang mengesankan dan dinamika kendaraan yang sangat baik.

Sementara penggerak listrik yang tenang dan bebas emisi menandakan truk juga dapat digunakan untuk pengiriman malam dan masuk ke kota-kota dengan larangan mengemudi untuk kendaraan diesel. eActros disebut sebagai komitmen jelas dari Mercedes-Benz Trucks untuk transportasi angkutan jalan lokal yang netral CO2.

Kemampuan teknologi berorientasi pada biaya rendah menjadi fitur yang menonjol dari transmisi otomatis Mercedes PowerShift 2 yang dipasang sebagai standar di Actros. Mesin BlueTec® yang tahan lama dan ekonomis yang memungkinkan untuk penghematan sesuai dengan persyaratan Euro 5.

Interval perawatan hingga 120 ribu km dan interval penggantian oli engine opsional hingga 150 ribu km juga menjadi kekuatan truk generasi baru milik Mercedes-Benz.

Menggunakan ban super lebar yang tersedia secara opsional pada pelek aluminium meningkatkan muatan dan mengurangi hambatan gelinding.

Hal itu dipercaya juga dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar melalui dua tahap, yakni sistem kontrol udara tekan pada kendaraan berpegas udara seperti traktor semitrailer 4×2 dan panel pilar A opsional.

(TTF/mik)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *