AS Bersiap Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19



Jakarta, Indonesia —

Amerika Serikat tengah bersiap menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Informasi disampaikan oleh Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki pada Sabtu (18/12).

“Kami bersiap menghadapi lonjakan kasus, dan @POTUS [username Twitter Presiden AS Joe Biden] akan memberikan informasi detail terkait bagaimana kami merespons tantangan ini,” kata Psaki dalam pernyataan Twitter.

“Membangun rencana musim dinginnya, @POTUS akan mengumumkan langkah-langkah administrasi baru untuk menolong komunitas yang membutuhkan bantuan, pun juga memperingatkan secara keras apa yang akan terjadi pada masyarakat AS yang memutuskan tak divaksinasi kala musim dingin nanti,” tambah Psaki.

Tak hanya itu, Biden akan memberikan pidato khusus terkait varian Omicron pada Selasa (21/12), mengingat AS tengah mengalami lonjakan kasus, kematian, dan rawat inap akibat infeksi virus corona penyebab Covid-19.

Komentar ini disampaikan tak lama setelah Wakil Presiden AS Kamala Harris menyebut bahwa pejabat tertangkap tak siap menghadapi lonjakan kasus Covid-19, Jumat (17/12), dikutip dariĀ .

“Kami tak menduga Delta datang. Saya pikir sebagian besar peneliti, yang nasihat dan arahannya kami andalkan, tidak menduga Delta datang,” tutur Harris dalam LA Times.

“Kami tak menduga Omicron datang. Dan itu adalah sifat dari ini, virus yang mengerikan ini, yang ternyata memiliki mutasi dan varian,” tambahnya.

Beberapa waktu lalu, AS juga mencetak rekor total jumlah kematian akibat infeksi virus Covid-19 yang menembus angka 800ribu.

Menurut penelusuran The Guardian, total kematian karena Covid di AS hampir sama dengan jumlah warga yang meninggal akibat jantung dan stroke setiap tahun di negara itu.

(pwn/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *