MPV Bongsor Kia Carnival Baru Muat 11 Penumpang



Tangerang, Indonesia —

Kreta Indo Artha (KIA) meluncurkan tiga model baru di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), salah satunya adalah Carnival (KA4) yang merupakan generasi baru dari Sedona. Kia kini hanya menggunakan satu nama buat MPV bongsor dengan pintu geser ini, yakni Carnival.

Carnival adalah MPV berukuran besar yang panjangnya 5,15 meter, lebar 1,99 meter, tinggi 1,77 meter, dan wheelbase 3,09 meter. Mobil ini menawarkan kabin lega dengan kapasitas penumpang hingga 11 orang.

Namun mesti dipahami jok di baris keempat lebih cocok diduduki anak kecil, jadi lebih tepat kapasitasnya disebut 8+3. Jok paling belakang yang muat tiga orang anak kecil bisa dilipat hingga rata lantai buat menciptakan ruang bagasi luas.

Khusus jok sopir dan penumpang depan terdapat pengaturan elektrik, ventilasi udara untuk penghangat dan pendingin.

Meski konsepnya MPV, eksterior Carnival dibuat seperti punya karakter SUV yang kuat. Desain lampu-lampu di bagian wajah dibuat seperti kesatuan, sementara bumper mendapatkan aksentuasi garis-garis tegas.

Di kabin terdapat layar dasbor besar yang menempel ke panel instrument di hadapan pengemudi, masing-masing ukurannya 12,3 inci. Kemudian pelapis joknya menggunakan material kulit dan pengaturan AC bisa dilakukan untuk tiga zona.

Fitur lain yang ada di kabin yaitu speaker Bose, wireless charghing, dual sunroof, serta electronic parking brake.

KIA memilih generasi baru Carnival yang dijual di Indonesia menggunakan mesin diesel D 2.200 cc TCI New R. Mesin ini menghasilkan tenaga 202 PS dan torsi 441 Nm yang ditransfer ke roda menggunakan transmisi otomatis 8-percepatan A8LF2.

Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head KIA menjelaskan bahan bakar yang direkomendasikan untuk mesin Carnival adalah PertaDex. Jenis bahan bakar diesel lain yang berkualitas rendah disebut bisa digunakan jika darurat dan untuk jangka waktu pendek.

Bagian menarik pada Carnival ada pada ketersediaan fitur keselamatan. Dimulai dari tujuh airbag yang bertugas melindungi jendela hingga baris ketiga.

Mobil ini juga dikatakan sudah mendapatkan penguatan sasis, termasuk sambungan bodi dengan pilar, yang membuatnya menjadi lebih kaku.

Fitur keselamatan lain yang jadi sorotan adalah Advance Driver Assistance System (ADAS), ini termasuk surround view monitor, smart cruise control dengan auto stop and go, forward collision-avoidance assist (FCA), lane following assist (LFA), lane keeping assist (LKA), blind-spot collision-avoidance assist (BCA), dan blind-spot view monitor (BVM).

Fitur lain yang belum disebut adalah smart tailgate, smart power sliding door, remote engine start, power outlet, dan shift by wire.

KIA menjual generasi keempat Carnival seharga Rp886,8 juta. Banderol ini naik sekitar Rp230 juta dari Sedona yang sampai sekarang masih terpampang di situs resmi KIA (Rp656,7 juta).

[Gambas:Video ]

(fea/mik)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *