Ricky Kambuaya Tak Terganti Bela Timnas Indonesia di Piala AFF


Jakarta, Indonesia —

Ricky Kambuaya menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia yang tak tergantikan dalam empat laga babak grup Piala AFF 2020 (2021).

Pemain Persebaya berposisi gelandang tersebut jadi tulang punggung Timnas Indonesia dalam empat laga selama 90 menit. Selain aktif membantu bertahan, Ricky juga aktif membangun serangan saat situasi menguntungkan.

Pemain 24 tahun ini menjadi man of the match dalam laga pembuka melawan Kamboja (9/12). Dalam laga yang berakhir dengan skor 4-2 itu Ricky menyumbang assist untuk gol Ramai Rumakiek pada menit ke-54.

Dalam laga tersebut, pemain jebolan Pro Duta U-19 ini juga melakukan lima kali pemulihan penguasaan bola atau ball recovery.

Pada laga kedua melawan Laos (12/12), saat Shin banyak menurunkan pemain cadangan, Ricky tak tergeser. Ia tetap tampil 90 menit di jantung permainan Indonesia, saat Evan Dimas dan Rachmat Irianto diganti.

Saat menghadapi Vietnam, Ricky menjadi salah satu pemain yang jatuh bangun melakukan adangan. Ketika pemain lain tampak mulai kepayahan, Ricky terlihat bugar mengejar pemain Vietnam.

Terakhir saat melawan Malaysia, pemain yang bersinar saat membela PS Mojokerto Putra di Liga 2 2018 dan 2019 ini tampil stabil. Ia membuat gelandang Malaysia tak leluasa menguasai permainan.

Evan Dimas, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Ezra Walian, Rachmat Irianto, Alfeandra Dewangga, Ramai Rumakiek, dan Irfan Jaya sebenarnya bermain dalam empat laga namun tidak bermain sebanyak 360 menit seperti yang dicatatkan Ricky.




Banner Testimoni

Sementara itu, dari 30 pemain yang dipanggil Shin Tae Yong di Piala AFF 2020, hanya empat pemain yang belum tampil. Keempat pemain itu adalah Ahmad Agung, I Kadek Agung, Marckho Sandy, dan Muhammad Riyandi.

Itu tidak termasuk Egy Maulana Vikri yang belum bergabung dengan tim di Singapura. Egy baru dijadwalkan tampil membela Timnas Indonesia pada babak semifinal.

[Gambas:Video ]

(abd/nva)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *