China-India Tolak Setop Batu Bara, Kini Darurat Polusi Udara



Jakarta, Indonesia —

China dan India merupakan dua negara yang menolak dihentikannya pembangkit listrik tenaga batu bara. Namun, kedua negara ini juga tengah berhadapan dengan polusi asap batu bara yang mengancam kesehatan warga.

Dalam Konferensi Perubahan Iklim (COP26), Indonesia dan 22 negara lain sepakat untuk menghentikan penggunaan batu bara secara bertahap. Namun, deklarasi itu gagal mengikutsertakan China dan India sebagai negara penyumbang banyak emisi gas rumah kaca dunia.

Padahal, China dan India merupakan dua negara yang akhir-akhir ini diberitakan mengalami polusi udara yang kian parah. Bahkan, kedua negara ini harus menutup sekolah dan kantor akibat polusi.

Di China misalnya, pemerintah negara itu sempat menutup jalan raya dan sekolah di sejumlah kota akibat polusi udara.

Menurut Badan Ramalan Cuaca China, kabut asap menyelimuti daerah utara China pada Jumat (5/11). Akibat kabut ini, jarak pandang di beberapa daerah berkurang hingga di bawah 200 meter.

Beberapa jalan raya di Kota Shanghai, Tianjin, dan Harbin ditutup pada Jumat (5/11) karena kurangnya jarak pandang, dikutip dari AFP.

Tak hanya itu, stasiun pemantau polusi udara mendeteksi level polusi di Beijing mencapai tahap ‘sangat tidak sehat’ bagi populasi wilayah itu. Udara Beijing mengandung partikel polutan, yakni PM 2,5 hingga 220 kala itu. Padahal, partikel ini hanya boleh ada pada angka 15.

Polusi udara di India, baca di halaman berikutnya…


India Dibekap Asap Batu Bara


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *