Belajar Adaptif Sesuai Kemampuan Siswa Lewat Fitur Adapto di Ruangguru



Jakarta, Indonesia —

Setiap siswa sudah pasti memiliki kecepatan dan gaya belajar berbeda-beda untuk dapat memahami suatu materi tertentu. Hal ini bisa menjadi masalah dalam pengajaran tradisional di sekolah pada umumnya yang menerapkan batas waktu dalam memahami topik pelajaran.

Metode tradisional ini memunculkan kemungkinan adanya perbedaan pemahaman siswa dalam satu kelas. Situasi ini bisa berujung pada terjadinya kesenjangan belajar di antara siswa, dan sudah pasti situasi ini tidaklah efektif untuk proses belajar.

Untuk menghadapi masalah ini, dapat diterapkan metode mastery learning yang memiliki filosofi bahwa semua siswa dapat belajar bila diberi waktu yang cukup. metode ini memastikan bahwa setiap siswa sudah memahami dan menguasai 80 persen materi pelajaran, sebelum melanjutkan ke materi berikutnya.

Metode mastery learning akan memberikan kebebasan kepada siswa untuk memahami materi dengan kecepatan belajar mereka sendiri. Sejumlah penelitian bahkan membuktikan bahwa mastery learning dapat meningkatkan prestasi siswa serta membangun sikap positif seperti ketekunan, kepercayaan diri, dan pemahaman atas kebutuhan diri sendiri.

Untuk bisa belajar secara adaptif sesuai dengan pemahaman siswa, kini Ruangguru menghadirkan Ruangbelajar dengan fitur Adapto. Ruangbelajar sendiri merupakan platform bimbingan belajar online mandiri yang dilengkapi dengan video belajar, latihan soal, pembahasan, serta rangkuman materi pelajaran yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun secara fleksibel.

Fitur Adapto kini tersemat dalam video pembelajaran Konsep Kilat untuk jenjang SMP dan SMA. Fitur ini memberikan pengalaman belajar yang terpersonalisasi sesuai kebutuhan belajar masing-masing siswa.

Di tengah video belajar, guru akan mengecek pemahaman siswa melalui beberapa pertanyaan serta pilihan jawaban yang akan menentukan arah kelanjutan dari video pembelajaran. Apabila ia memilih ‘Paham’, maka guru akan melanjutkan penjelasan ke topik selanjutnya. Namun, apabila siswa memilih ‘Bingung’, maka guru akan kembali mengulang materi yang belum dipahami siswa.

Begitu pula dengan kuis-kuis seputar pelajaran yang muncul sepanjang video, ketika siswa memilih jawaban yang salah, maka secara otomatis guru akan memberi pembahasan mengenai jawaban yang benar. Selain itu, siswa juga bisa memilih ingin video belajar dijelaskan secara ‘Cepat’ atau ‘Detail’ tergantung pada kebutuhan dan gaya belajar masing-masing. Fitur adaptif ini menjadi keunggulan Ruangguru, dan merupakan satu-satunya di aplikasi belajar serupa di Indonesia.

(osc)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *