7 Kebiasaan yang Merusak Lambung


Jakarta, Indonesia —

Lambung adalah salah satu organ pencernaan yang bertugas mencerna makanan. Kesehatan lambung penting untuk dijaga agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Menjaga kesehatan lambung bisa dilakukan dengan pola makan yang sehat dan menghindari kebiasaan yang merusak lambung. Tanpa disadari, kebiasaan yang dilakukan sehari-hari dapat menjadi bumerang yang merusak lambung.

Kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan sejumlah penyakit lambung seperti asam lambung, maag, tukak lambung, GERD hingga kanker lambung.

Berikut kebiasaan yang merusak lambung yang mesti dihindari:

1. Terlambat makan




ilustrasi puasaTerlambat makan merupakan kebiasaan yang merusak lambung. (Foto: iStockphoto/erdikocak)

Tubuh menyukai keteraturan. Usahakan untuk selalu makan tepat waktu setiap hari. Terlambat makan dapat membuat keasaman dalam lambung meningkat dan sehingga meningkatkan risiko peradangan.

2. Makan dengan cepat

Kebiasaan makan dengan cepat juga dapat merusak lambung. Makan dengan cepat membuat gas terperangkap di sistem pencernaan. Sebaiknya nikmati makanan dan kunyah perlahan untuk meringankan kerja lambung.

3. Konsumsi makanan yang mengiritasi

Batasi pula konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam dan terlalu pedas. Makanan ini dapat membuat lambung terluka dan mengalami peradangan.

4. Kurang sayur dan buah

Jangan pernah lewatkan sayur dan buah. Sayur dan buah mengandung serat yang memudahkan kinerja lambung memecah makanan. Tidak makan buah dan sayur dapat membuat lambung rusak.

5. Kurang minum air

Air membantu proses mencerna makanan. Dikutip dari Healthline, kurang minum air dapat menimbulkan masalah pencernaan. Lama-kelamaan kondisi ini dapat mengganggu kesehatan lambung.

6. Kurang tidur

Tidur waktunya seluruh organ untuk beristirahat. Saat tubuh kurang tidur, kinerja lambung akan semakin berat dan mudah lelah. Studi juga menunjukkan kurang tidur dikaitkan dengan tingkat keasaman lambung yang lebih tinggi.

7. Mengabaikan gejala

Lambung dan organ sistem pencernaan lainnya kerap memberikan tanda atau gejala saat terjadi masalah. Misalnya melalui sendawa, rasa sakit, mual, lapar, dan kembung. Jangan pernah mengabaikan gejala ini. Segera atasi gejala atau periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Gejala yang diabaikan lama kelamaan bisa menjadi parah dan menyebabkan penyakit serius.

Itulah kebiasaan yang merusak lambung yang harus dihindari agar tetap sehat.

(ptj)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *